Rabu 16 Oct 2019 05:51 WIB

Melepaskan Diri dari Belenggu Depresi

Depresi bisa dihilangkan dari diri seseorang asal ditangani dengan segera.

Rep: Umi Soliha/ Red: Nora Azizah
Depresi. Ilustrasi
Foto: Sciencealert
Depresi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang bisa menyerang siapa pun. Gangguan ini tidak bisa disepelekan karena bisa mengancam nyawa seseorang.

Tidak sedikit, orang yang depresi mengakhiri hidupnya karena tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Namun, sebenarnya depresi bisa dihilangkan jika penanganannya dimulai sesegera mungkin.

Baca Juga

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani depresi seperti dilansir, nhs.uk, Selasa (15/10).

Terus bersosialisasi

Jangan menarik diri dari sosial karena dengan bersosialisasi dapat meningkatkan mood Anda. Tetap berhubungan dengan teman dan keluarga berarti Anda memiliki seseorang untuk diajak bicara ketika Anda merasa kesulitan.

Lebih aktif

Ada bukti bahwa olahraga dapat membantu mengangkat suasana hati Anda. Jika Anda belum berolahraga dalam waktu yang cukup lama, mulailah dengan berjalan kaki santai selama 20 menit setiap hari.

Hadapi ketakutanmu

Jangan menghindari hal-hal yang Anda rasa sulit. Ketika orang merasa rendah atau cemas, mereka terkadang menghindari berbicara dengan orang lain.

Beberapa orang bisa kehilangan kepercayaan diri untuk pergi keluar, mengemudi atau bepergian.Jika ini mulai terjadi, menghadapi situasi ini akan membantu mereka menjadi lebih mudah.

Cobalah makan makanan yang sehat

Beberapa orang tidak merasa ingin makan ketika mereka sedang depresi, sehingga membuat mereka kurus.

Antidepresan juga dapat memengaruhi nafsu makan Anda.Jika Anda khawatir tentang penurunan berat badan, kenaikan berat badan, atau bagaimana antidepresan memengaruhi selera makan Anda, bicarakan dengan dokter Anda.

Miliki rutinitas

Ketika orang merasa sedih, mereka bisa memiliki pola tidur yang buruk, tidur larut dan tidur di siang hari. Cobalah untuk memeliki pola tidur yang normal, berusaha tidak tidur larut malam, agar bisa bangun lebih awal.

Jangan minum alkohol

Mungkin sebagian orang, beranggapan dengan minum alkohol masalah yang hadapi akan ringan. Cara tersebut tidak akan memecahkan masalah, justru membuat Anda semakin tertekan.

Cari bantuan orang yang profesional

Jika Anda masih merasa sedih atau tertekan setelah beberapa minggu. Datang lah ke tenaga profesioanal untuk membantu Anda keluar dari kondisi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement