Sabtu 12 Oct 2019 09:47 WIB

Mengenalkan Kebinekaan Kepada Anak Melalui Rempah

Kalau bukan karena rempah Indonesia tidak akan pernah ada.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Jenis rempah yang unik dan cukup langka.
Foto: Republika/Gumanti Awaliyah
Jenis rempah yang unik dan cukup langka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia merupakan negara yang dikenal akan kekayaan rempahnya. Mengenal rempah-rempah juga bisa menjadi jalan untuk memaknai kebinekaan Indonesia. Mengenalkan rempah-rempah kepada anak pun menjadi penting.

"Cara sederhana memaknai Indonesia, memaknai kebinekaan itu bisa kita lihat dari kekayaan rempah kita," kata Pembina Yayasan Negeri Rempah Bram Kushardjanto pada acara Pekan Kebudayaan Nasional.

Baca Juga

Dia mengungkapkan, orang tua memiliki tantangan yang besar untuk bisa mengenalkan rempah kepada anak-anak generasi milenial dan generasi di bawahnya. Sebab, generasi tersebut sangat lekat dengan teknologi digital.

Menurut dia, ada beberapa cara sederhana untuk mengenalkan rempah kepada anak. Misalnya dengan selalu mengikutsertakan anak saat hendak memasak dan berbelanja. Dengan cara itu, orang tua juga bisa mengenalkan aroma dan rasa dari rempah tersebut.

"Dan usahakan masakannya juga beragam. Jadi pengenalan rempah juga tidak itu-itu saja," kata dia.

Jika ditelisik lebih dalam, lanjut dia, rempah memuat sejarah panjang bangsa Indonesia. Rempah menjadi alasan Indonesia diduduki oleh bangsa-bangsa Eropa dan karena rempah jugalah negara kesatuan Indonesia terbentuk.

"Mungkin kalau bukan karena rempah Indonesia tidak akan pernah ada. Tapi kita akan terpecah-pecah, negara-negara kecil, sesuai dengan kerajaan yang dulu ada," kata Bram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement