Senin 30 Sep 2019 12:45 WIB

Makanan Osaka Jepang yang Wajib Anda Coba

Osaka terkenal dengan kebudayaan makan sepuasnya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pelayan restoran membawa udon untuk pelanggan.
Foto: EPA
Pelayan restoran membawa udon untuk pelanggan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat berwisata keluar negeri maupun dalam negeri, kuliner lokal tentu saja wajib Anda cicipi. Begitu juga saat berkunjung ke Osaka Jepang. Ada sejumlah makanan yang wajib coba.

Osaka terkenal dengan kebudayaan makan sepuasnya ini. Hal ini bisa membuat Anda tergiur untuk mencoba segala makanannya.

Baca Juga

Berikut adalah beberapa makanan rekomendasi dari Pasty Chef Swissotel Nankai Osaka, Yuki Nakamura.

Kushikatsu

Menurut Chef Yuki Kushikatsu ini mirip seperti satai kalau di Indonesia. Makanan ini cocok untuk jadi camilan saat berada di Osaka. Isiannya pun sama seperti satai utamanya adalah daging. Adapula ikan bahkan sayuran.

"Semuanya digoreng dan bisa langsung dimakan," ujarnya di sela acara konferensi pers When Jakarta Meet Japan yang diselenggarakan Hotel Fairmont Jakarta belum lama ini.

Menurutnya untuk mengonsumsi makanan ini, Anda bisa melumurinya degaan saus. Sehingga rasanya bisa jauh lebih nikmat.

"Dimakannya dengan saus manis. Dan ada aturannya, hanya boleh dicelup sekali langsung makan. Ibarat pepatah apa yang sudah dilakukan sekali tidak boleh diulangi," ungkapnya.

Okonomiyaki dan Takoyaki

Selain kushikatsu, dua jajanan Jepang khas Osaka yang wajib dicoba adalah okonomiyaki dan takoyaki. Ini adalah pancake khas Jepang yang sebenarnya sudah banyak beredar di Jakarta. Biasanya dimakan dengan saus dan mayones.

Horumonyaki

Ini adalah masakan Jepang yang terbuat dari jeroan daging sapi Horumonyaki awalnya diolah dari Yakiniku, adaptasi Jepang dari daging panggang Korea. Nama horumon berasal dari kata "hormon", yang berarti "stimulasi" dalam bahasa Yunani.

Nama horumon juga mirip dengan istilah dalam dialek Kansai, hōrumon, yang berarti "barang yang dibuang". Horumonyaki diyakini sebagai salah satu makanan peningkat stamina.

"Dagingnya agak kenyal digigit. Bukan dari Osaka sebenarnya agak pinggir sedikit. Tapi ini makanan soul food Jepang, makanan tradisional yang wajib dicoba," tambahnya.

Udon

Udon adalah salah satu jenis mi yang sudah dikenal di Jepang sejak dulu, dibuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal serta agak lebar. Untuk udon Jepang biasanya sup dipisah dengan mi. Bahkan di atas udon terkadang menggunakan telur mentah yang sudah dipecahkan. Kemudian diaduk dan dimakan bersama dengan udon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement