Senin 30 Sep 2019 06:14 WIB

5 Manfaat Tauge untuk Anak

Tauge dalam makanan harian anak karena dapat membantu kinerja otak lebih optimal.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: wayofchina.com
Foto: wayofchina.com

Meski dipercaya bisa meningkatkan kesuburan bagi orang dewasa, tauge tidak masalah dikonsumsi anak-anak. 

Tauge memiliki tekstur yang unik dan tidak ada salahnya bila disajikan dalam berbagai hidangan untuk anak-anak. Lantas apa manfaat tauge untuk mereka?

Kinerja otak lebih optimal

Tauge mengandung asam lemak omega 3, salah satu zat yang penting untuk anak. Sajikan tauge dalam makanan harian anak karena dapat membantu kinerja otak lebih optimal. Cocok untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan karena proses penyerapan zat ini relatif lebih cepat.

Menjaga sistem kekebalan tubuh 

Tauge juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa bekerja efektif menangkal radikal bebas yang terpapar pada tubuh anak. Tauge juga mengandung senyawa saponin yang diyakini dapat menstimulasi hormon interferon dan sel limfosit, yang bertugas menjaga sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 3 Cara Orang Tua Mendukung Potensi Kecerdasan Anak

Pertumbuhan sistem saraf lebih cepat

Tauge mempunyai kandungan vitamin B Kompleks untuk membantu masa tumbuh kembang anak. Vitamin B mendukung pertumbuhan sistem saraf lebih cepat, serta melancarkan proses metabolisme dalam tubuh.

Membantu pertumbuhan rambut

Tauge punya peranan penting dalam membantu pertumbuhan rambut anak. Kandungan vitamin A pada tauge bertugas merangsang folikel, struktur kulit di kepala tempat tumbuhnya rambut. Kandungan omega-3 tauge juga bisa menutrisi folikel dan membuat rambut berkilau. Sedangkan kandungan sengnya membantu stimulasi produksi sebum, semacam zat yang mengandung lemak dan keratin di permukaan kulit kepala.

Buang air besar lebih lancar

Tauge untuk anak dapat membantu buang air besar jadi lebih lancar. Kandungan serat dan airnya membuat kotoran dalam usus bisa terdorong lebih cepat. Racun-racun hingga zat radikal bebas yang mengendap dalam tubuh juga bisa ikut keluar. 

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement