Jumat 27 Sep 2019 16:30 WIB

Tanpa Sadar, Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Boros

Mengidentifikasi boros cukup mudah, salah satunya mengetahui perpindahan uang.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Mengatur keuangan dan pola pikir sangat penting bagi kehidupan.
Foto: pexels
Mengatur keuangan dan pola pikir sangat penting bagi kehidupan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Boros sering menjadi kebiasan yang secara tidak sadar dilakukan banyak orang. Padahal, keuangan yang sehat akan menentukan kualitas hidup seseorang.

Untuk mengidentifikasi perilaku boros sebenarnya cukup mudah, yakni dengan mengidentifikasi perpindahan uang. Kebiasaan buruk dengan mengeluarkan uang terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan bisa menjadi penyebabnya.

Baca Juga

Dilansir melalui womansworld, Jumat (27/9), ada beberapa kebiasaan yang membuat seseorang bisa berperilaku boros. Berikut penjabarannya.

 

 

Olahraga

Sayang sekali bila Anda sudah menjadi member gym tapi jarang datang ke lokasi. Bila Anda belum memakainya selama enam bulan, sebaiknya singkirkan.

Hentikan debet langsung, keluarkan perlengkapan gym yang mahal itu dan gunakan untuk berjalan-jalan. Berjalan itu gratis, membuat Anda di luar ruangan, dan itu bagus untuk kesehatan mental Anda.

Kartu Kredit

Hindari membayar cicilan kartu kredit dengan pembayaran minimum. Michael Baumann, Executive General Manager Consumer Finance CommBank mengatakan, membayar jumlah penuh yang terhutang sesegera mungkin akan meminimalkan jumlah bunga yang Anda bebankan dan membantu Anda menghapus saldo lebih cepat.

"Dengan hanya membuat pembayaran minimum pada kartu kredit Anda dari bulan ke bulan, Anda mungkin membutuhkan waktu lama untuk membayar kembali jumlah utang Anda," ujarnya.

Belanja sesuai kebutuhan

Anda terkadang menghabiskan untuk membeli makanan, pakaian atau barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Anda membeli barang tersebut karena keinginan semata, karena barangnya lucu atau ada diskon besar. Untuk mengatasinya coba tetapkan batas per transaksi pada kartu kredit Anda.

Tidak membuat anggaran

Bayangkan bisa berbelanja tanpa rasa bersalah. Di situlah anggaran sangat berguna, dan belajar bagaimana mempertahankannya adalah tiket Anda menuju kebebasan finansial.

Ada banyak alat untuk membantu Anda memetakan pengeluaran Anda sehingga Anda dapat mempertahankan anggaran Anda. Coba Spend Tracker, yang memungkinkan Anda mengkategorikan pengeluaran kartu kredit Anda sehingga lebih mudah untuk melihat dampak keputusan pengeluaran Anda terhadap keuangan harian Anda.

Jajan kopi

Jika merasa jajan kopi lebih dari satu kopi sehari, serta membeli makan siang, itu berarti mengalami pemborosan yang serius. Coba pertahankan hanya membeli satu kopi sehari.

Akan lebih baik lagi bila bisa membuatnya di rumah. Bungkus makan siang Anda sendiri, dan memasak makan malam dalam jumlah besar untuk menghemat waktu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement