Selasa 24 Sep 2019 13:41 WIB

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi?

Bila diminum pada waktu yang tepat, kopi bisa meningkatkan energi dan konsentrasi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Meminum kopi (ilustrasi)
Foto: healthliving
Meminum kopi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK CITY -- Minum kopi secara cepat sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Entrepreneur dan author The Bite-Sized Entrepreneur, Damon Brown, berpendapat bahwa ada waktu-waktu terbaik untuk meminum kopi.

Ini bertujuan untuk memaksimalkan dampak kopi dengan cara terbaik. Pertama, pada pagi hari dan setelah makan siang. Brown belajar beberapa tahun yang lalu bahwa waktu terbaik untuk minum kopi adalah pukul 11.00 atau sekitar lima jam setelah bangun.

Baca Juga

“Tubuh sudah melepaskan hormon untuk membantu Anda memulai hari. Energi itu tidak menyala sebelum makan siang dan selama pasca makan siang,” ujar Brown, seperti yang dilansir dari Inc, Selasa (24/9).

Kedua, meminum kopi tepat sebelum istirahat singkat. Studi menunjukkan istirahat singkat membantu otak berpikir lebih jernih menjalani hari.

Sebegai solopreneur dan penulis independen, Brown memiliki jadwal yang fleksibel untuk istirahat singkat. Ia menyarankan pekerja lain untuk beristirahat sebentar jika memang memiliki waktu.

Sebelum istirahat singkat merupakan waktu yang tepat untuk minum kopi. Brown mengungkapkan kafein memerlukan waktu sekitar 20 sampai 25 menit untuk melewati aliran darah.

“Jadi ketika Anda bangun dari istirahat 20 menit yang ideal itu, Anda mendapat dorongan ganda untuk minum kopi,” katanya.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk istirahat singkat? Studi mengungkapkan jadwal rata-ratanya adalah pukul 13.00 dan 15.00 waktu setempat.

Brown mengaku dirinya tidak minum kopi sampai sekitar satu dekade yang lalu. Argumen terbesar tentang kopi yang pernah ia dengar adalah bukan keharusan minum kopi, tetapi seberapa banyak dan seberapa sering seseorang harus meminumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement