Senin 23 Sep 2019 17:10 WIB

5 Cara Tetap Sehat Ketika Sedang Stres

Makan sehat hingga berolahraga bantu mengatasi stres.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Cara usir stres.
Foto: Republika.co.id
Cara usir stres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan dan tuntutan hidup seringkali membuat seseorang mudah depresi atau stres. Orang yang tidak bisa mengendalikan stres bisa mengalami sakit kepala, gangguan tidur, sering cemas, bahkan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Lalu bagaimana cara menangani stres? Cobalah tips berikut, seperti dilansir The Guardian, Senin (23/9).

Baca Juga

Makan yang baik

Makan bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menenangkan diri ketika masa-masa stres. Sebaiknya, pilihlah karbohidrat kompleks seperti bubur atau roti untuk dimakan kala stres. Sebab kandungan energi yang ada di dalamnya bisa menguatkan tubuh.

Namun seringkali saat stres seseorang mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol. Untuk menghindari hal itu, disarankan agar membuat rencana makanan selama stres. Setidaknya buatlah rencana makanan yang sehat namun tetap kamu sukai.

Olahraga

Olahraga atau melakukan aktivitas fisik merupakan penghilang stres alami yang bisa memacu hormon endorfin. Untuk memotivasi diri sendiri, kala stres ingatlah selalu manfaat olahraga, dan seberapa baik perasaan setelah berolahraga.

Jika tidak bisa ke gym, kamu bisa melakukan gerakan sederhana di rumah sambil melampiaskan depresi.

Datangi psikolog

Jangan takut untuk berkonsultasi dengan psikolog. Di Indonesia, mungkin masih sedikit orang yang ketika stres berkonsultasi dengan psikolog. Mereka lebih memilih berkonsultasi dengan keluarga, teman dekat dan lainnya padahal tentu akan berbeds jika kita ditangani oleh orang yang berkompeten.

Istirahat

Ketika mengalami stres, cobalah istirahat yang cukup. Jika stres membuat kamu susah tidur, mintalah resep obat tidur kepada dokter atau psikolog. Setidaknya, obat tidur bisa membantu menenangkan.

Kenali masalah

Salah satu satu cara menekan stres adalah dengan mencari penyebab stres, kemudian cobalah cari solusinya. Pendekatan pemecahan masalah akan mengurangi tekanan yang ekstrem.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement