Senin 23 Sep 2019 12:40 WIB

Trik Ini Bisa Bikin Kopi Lebih Sehat

Menambahkan beberapa bahan makanan membuat kopi bisa jadi lebih sehat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Secangkir Kopi / Ilustrasi
Foto: Nora Azizah/Republika
Secangkir Kopi / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam 10 tahun terakhir, beragam studi secara konsisten menunjukkan adanya manfaat kesehatan dari mengonsumsi kopi. Beberapa manfaatnya adalah menurunkan risiko kematian, memperbaiki kesehatan hati, dan menurunkan risiko masalah kesehatan terkait otak.

Namun perlu diketahui, studi-studi ini hanya mengacu pada minuman kopi hitam murni. Studi ini tidak merujuk pada kopi kekinian yang dalam penyajiannya seringkali dicampur dengan berbagai bahan berkalori tinggi seperti susu, gula, perisa, hingga karamel.

Baca Juga

Di sisi lain, tidak semua orang menyukai cita rasa kopi hitam yang pahit dan masam. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk dapat menikmati kopi dengan sehat dan nikmat. Berikut ini adalah kesepuluh trik tersebut seperti dilansir Women's Health Magazine.

 

 

Tambahkan Minyak MCT

Menambahkan minyak MCT ke dalam kopi dapat meningkatkan kadar hormon leptin menurut studi dalam European Journal of Clinical Nutrition. Leptin merupakan hormon yang dapat menekan rasa lapar.

Menambah Perisa Alami

Cita rasa kopi bisa diperkaya dengan perisa alami yang bebas kalori. Beberapa di antaranya adalah ekstrak vanila murni dan bubuk kayu manis.

Selain bebas kalori, kayu manis juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Kayu manis dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kayu manis juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menjaga kadar kolesterol sehat.

Menjauhi Pemanis Buatan

Pemanis buatan dalam bentuk alkohol gula, umumnya memiliki nama berakhiran -ol seperti erythritol, umumnya dapat memunculkan beberapa efek yang membuat tidak nyaman. Misalnya, efek perut bergas, perut kembung, dan rasa tidak nyaman pada perut.

Bila ingin menambahkan rasa manis pada kopi, alternatif yang lebih baik adalah pemanis stevia. Stevia merupakan pemanis yang dibuat dari dedaunan.

Susu Fortifikasi Atau Susu dari Kacang

Bila ingin menambahkan susu pada kopi, coba untuk memilih susu dengan nilai gizi yang kaya seperti susu terfortivikasi. Alternatif lainnya adalah susu almond yang kaya akan kalsium dan beberapa zat gizi lain.

Kopi Decaf

Sebagian orang cenderung lebih sensitif terhadap kafein. Pada orang-orang yang sensitif terhadap kafein, kopi decaf dapat menjadi alternatif yang baik. Kopi decaf memiliki akndungan kafein yang lebih rendah. Bila dibandingkan 10 ons kopi decaf mengandung sekitar 6 miligram kafein. Dalam jumlah yang sama, kopi biasa mengandung sektar 260 miligram kafein.

Minum Dalam Kondisi Panas

Saat ini, kopi yang dibuat dengan metode cold brew memang sedang populer. Akan tetapi tak ada salahnya sesekali mencoba kopi panas. Kopi dalam kondisi panas sebenarnya melepaskan lebih banyak antioksidan.

Tambah Bubuk Kolagen

Bubuk kolagen dan kopi mungkin tampak seperti perpaduan yang tak biasa. Akan tetapi campuran bubuk kolagen dalam kopi dapat bermanfaat untuk kesehatan sendi dan tulang. Untuk mengonsumsinya, cukup campurkan enam sendok makan bubuk kolagen ke dalam secangkir kopi panas.

Gunakan French Press

Membuat kopi dengan metode French press tidak hanya menghemat waktu tetapi juga memiliki potensi yang baik bagi kesehatan. Sebuah penelitain dalam Cancer Causes & Control menemukan adanya hubungan antara kopi yang dibuat dengan metode/French press dengan penurunan risiko kanker payudara.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement