Ahad 22 Sep 2019 09:07 WIB

Tanda Tubuh Butuh Kalsium

Penyakit kekurangan kalsium disebut hypocalcemia.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari
Ikan salmon kaya akan kandungan kalsium.
Foto: AP
Ikan salmon kaya akan kandungan kalsium.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kekurangan kalsium kerap tidak disadari tanda-tandanya. Jika Anda mengalami tanda berikut ini maka itulah gejala tubuh kekurangan kalsium. Anda perlu meningkatkan kadar kalsium demi kesehatan tubuh.

Penyakit kekurangan kalsium disebut hypocalcemia. Jika tak ditangani, penyakit ini bahkan bisa mengancam keselamatan jiwa.

Baca Juga

Otot kejang

Jika Anda cepat tidur lalu kejang datang. Penyakit ini menyerang otot kaki dengan mengirim impuls rasa sakit pada seluruh tubuh. Menit berikutnya, Anda pasti memijat bagian tubuh itu. Padahal inilah cara tubuh memberitahu kurangnya kalsium. Anda sebaiknya minum segelas susu atau makanan mengandung kalsium.

Kesehatan tulang

Jika sedikit hentakan terasa sakit pada tulang maka itu juga tanda kurang kalsium. Tubuh berhenti membangun tulang baru di usia 20-an. Di usia 30-an, manusia bergantung pada kalsium untuk membuat tulang kuat. Anda perlu mengecek kesehatan tulang dan membuat pola makan yang sesuai.

Kesehatan gigi

Ketika tubuh tidak cukup memiliki kalsium maka tubuh mengambil kalsium dari gigi dan tulang. Gigi yang buruk menandakan kurangnya kalsium. Simpelnya, kalsium dan fospor menguatkan tulang, maka ketika gigi terganggu itu menandakan kalsiumnya diambil oleh tubuh.

Kesehatan kulit

Kulit dan kuku adalah indikator kesehatan. Kondisi kulit seperti mengalami sakit psoriasis merupakan bukti kekurangan kalsium. Cek ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen kalsium, dilansir dari Indian Express.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement