Jumat 20 Sep 2019 12:23 WIB

Trik Agar Make Up Lebih Tahan Lama

Kuncinya bukan hanya pada jenis make up, menjaga kulitnya juga dianjurkan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Perempuan sedang make-up
Foto: Boldsky
Perempuan sedang make-up

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasanya mengecewakan ketika kita sudah bangun lebih cepat dari sebelumnya hanya untuk berhias diri, namun riasan itu sendiri malah tidak awet di wajah kita. Berbagai cara telah dilakukan hingga mengganti semua peralatan make up yang awet di wajah. Namun demikian, label ‘awet’ di wajah pun ternyata masih tak memuaskan.

Dilansir di laman Stylist, Jumat (20/9), pada faktanya, kunci untuk make up yang benar-benar tahan lama adalah ada pada persiapan dan perawatan kulit dan make-up yang sangat terkait. Mempersiapkan dan merawat kulit, akan menciptakan ‘kanvas’ yang halus. Dengan demikian, make up dapat menempel dengan baik sepanjang hari.

Baca Juga

Lalu, bagaimana cara menyiasatinya? Berikut adalah lima cara agar make-up bisa lebih awet di wajah.

Jangan terlalu malas untuk melakukan perawatan kulit

Memiliki waktu yang terbatas bukan berarti ada permakluman untuk tidak melakukan perawatan kulit. Jika memiliki waktu terbatas untuk melakukan make up, biasanya orang langsung menggunakan foundation atau krim BB. Namun, hasil akhirnya adalah make-up malah menjadi lebih luntur. Sebagai gantinya, jika memiliki waktu yang sangat terbatas, gunakan beberapa menit untuk memijat wajah.

Tekstur foundation yang  ringan tetapi mengemas kelembaban yang tinggi, itu akan membantu melembabkan kulit yang pada gilirannya membantu make up melekat. Ini juga bisa menjadi produk primer yang dilengkapi dengan shea butter dan vitamin C dan E untuk melembabkan dan mencerahkan.

 

Usap dan gosok dengan baik dan benar

Jika Anda mengeluh mengenai make-up yang tidak merata atau area di mana foundation tidak akan 'menempel', ini bisa menjadi kasus pengelupasan kulit yang buruk.

Tidak cukup mengelupaskan kulit mati saja agar make up lebih awet. Oleh sebab itu, sebaiknya tambahkan perawatan pengelupasan kulit dengan menggosoknya dengan frekuensi dua kali dalam satu pekan. Perawatan itu akan mencairkan kulit mati dan membuat kulit segar, bercahaya dan siap untuk rias wajah.

 

photo
Peralatan make-up

Make-up tidak awet karena wajah terlalu berminyak

Jika kulit secara alami berminyak, maka itu memang sebuah masalah. Kulit yang berminyak disebabkan oleh kelebihan sebum yang dihasilkan kulit. Sehingga akan membuat produk perawatan wajah lebih sulit digenggam, jadi tetap selesaikan situasi dengan bubuk presisi.

Dengan menggunakan kuas kecil yang dirancang untuk eyeshadow, lakukan bedak ringan buff di sekitar hidung, di antara alis Anda, di atas kelopak mata, dan di mana pun yang terasa sangat berminyak.

Dengan melakukannya cara ini, maka wajah akan tetap memiliki cahaya sehat yang indah terutama di pipi. Hal itu akan mengunci fondation di tempat yang diinginkan.

Pulaskan make-Up dengan benar, bukan hanya mengusap

Ada beberapa cara yang salah saat menggunakan make up. Salah satunya adalah dengan hanya mengusapnya dengan kuas atau jari kita, tanpa benar-benar menmpulaskan produk itu.

Pada dasarnya dalam memulas make up, perlu menggosok maju dan mundur seperti penghapus kaca depan pada area yang diinginkan lapisan tipis. Akan tetapi luangkan waktu untuk benar-benar menekan produk ke kulit pada area di mana diinginkan hasil akhir yang lebih penuh.

Cara ini dapat membantu mengunci make up. Dan cara ini juga memberikan hasil akhir yang lebih rata dan terlihat alami.

Sesuaikan make up dengan iklim dan suasana

Sebelum berangkat pergi, sebaiknya perlu dipikirkan mengenai kemana saja kita akan pergi. Setelahnya, maka kita akan tahu make up iklim atau suasana yang seperti apa yang akan kita hadapi, dan wajah kita hadapi.

Biasanya, angin dingin bisa meniup ketika kita keluar dari rumah. Akan tetapi, matahari sangat menyengat ketika di jalan.

Anda perlu memulas wajah Anda dengan melembabkan dengan benar sebelum alas bedak, dan gunakan lapisan tipis. Itu berarti menggosok sedikit alas atau concealer, lalu menunggu sebentar sebelum meletakkan yang lain. Debu serbuk tipis di sekitar area berkeringat seperti zona T Anda juga dapat menambah lapisan perlindungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement