Selasa 17 Sep 2019 15:05 WIB

Tips Rawat Kulit Kombinasi Kering dan Berminyak

Mendeteksi kulit kombinasi kering dan berminyak bisa menggunakan tisu.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah
Kulit tangan wanita (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Kulit tangan wanita (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda memiliki kulit berminyak dan kering, maka pada dasarnya Anda memiliki kulit kombinasi. Kulit kombinasi berarti beberapa area wajah Anda berminyak, sementara yang lain kering.

Dalam kasus seperti itu, sebagian besar area yang berminyak biasanya di daerah dahi, hidung dan dagu. Sementara bagian lain dari wajah akan tampak normal atau kering.

Baca Juga

Untuk mengetahui Anda memiliki kulit kombinasi atau tidak, letakkan tisu di wajah Anda, dan jika terdapat minyak di area dahi, hidung, dan dagu, maka Anda memiliki kulit Kombinasi.

Bila memiliki kombinasi kulit, maka perawatannya harus ekstra. Berikut cara merawat kulit kombinasi yang dirangkum dari laman pinkvilla.com, Selasa (17/9).

 

Hindari menggunakan sabun

Sabun dapat mengeringkan kulit Anda dan juga dapat menyebabkan iritasi yang semakin memperburuk masalah kulit Anda. Pilihlah pembersih lembut yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Gunakan toner

Toner membantu jenis kulit kombinasi Anda dengan memberikan keseimbangan sempurna. Ini menyeimbangkan kulit Anda dengan menghilangkan kotoran dan membantu mengecilkan pori-pori terbuka.

Gunakan pelembab

Gunakan pelembab yang memberi nutrisi pada area kering dan melembapkan area berminyak di wajah Anda.  Pelembab berbasis gel sangat ideal dalam hal ini, karena tidak terlalu krim dan tidak terlalu berair.

Gunakan tabir surya (sunscreen)

Sunscreen sangat penting untuk setiap jenis kulit. Ini bertindak sebagai perisai untuk kulit Anda ketika Anda pergi. Beli tabir surya sesuai jenis kulit Anda dan bacalah bahannya dengan hati-hati sebelum membeli tabir surya.

Gunakan pembersih wajah

Wajah Anda akan berminyak di beberapa area, sementara di beberapa area akan kering, oleh karena itu penting untuk menggunakan pembersih pada kulit Anda. Pembersih lembut akan membantu Anda menghapus semua riasan dari kulit Anda dan juga akan membiarkan kulit Anda bernafas saat Anda tidur.

Lakukan pengelupasan kulit (exfoliate)

Diperlukan pengelupasan kulit untuk menghilangkan komedo dan sel kulit mati. Pengelupasan merangsang sirkulasi darah dan memoles kulit Anda.  Pengelupasan membuka pori-pori dan kulit Anda mulai bernapas.

Gunakan krim malam

Krim malam akan memperbaiki dan melembabkan kulit Anda, menjadikannya bersinar di pagi hari karena kulit Anda menyerap semua vitamin dari krim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement