Selasa 17 Sep 2019 11:14 WIB

Tips Memilih Doula Bagi Ibu Hamil

Doula merupakan tenaga profesional yang mendampingi perjalanan seorang ibu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Ilustrasi Ibu Hamil
Foto: pixabay
Ilustrasi Ibu Hamil

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Selain berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan secara medis ke dokter kandungan, ibu yang sedang hamil pun bisa didampingi oleh doula. Doula merupakan tenaga profesional yang sudah tersertifikasi untuk mendampingi atau menemani perjalanan seorang ibu.

Mulai dari sebelum kehamilan, selama kehamilan, hingga pasca persalinan. Maka dari itu memilih seorang doula tidak boleh sembarangan.

Baca Juga

Penggagas Doula Sahabat Ibu, Diana Elsa Vonie CD (DONA) mengungkapkan ada beberapa pertimbangan saat memilih doula. Pertama, pilihlah doula yang bersertifikat. Dengan sertifikat itu, klien ibu akan mendapatkan pelayanan yang menjadi haknya.

“Walaupun dia menguasai beberapa teknik doula, tapi setidaknya banyak hal yang tidak didapatkan oleh yang tidak mengikuti pelatihan. Jadi usahakan memilih doula yang bersertifikat,” kata Diana saat ditemui Republika dalam acara grand launching Aleesha Mom & Kids Spa di Bekasi Jawa Barat, Ahad (15/9).

Kedua, pilihlah doula yang komunikatif. Doula harus bisa menjembatani kemauan ibu hamil dan menjalin komunikasi dengan suami, keluarga, maupun dokter kandungannya.

Selanjutnya yang ketiga, pilihlah doula yang memiliki relasi baik dengan sesama rekan kerjanya maupun dokter kandungan. Doula berseritifikat sudah tahu bagaimana memposisikan dirinya.

“Kalau doulamemiliki keahlian lain seperti hyphnobrithing, prenatal yoga, itu akan memberikan keuntungan sendiri untuk sang ibu,” ujar perempuan yang juga seorang praktisi hypnobirthing dan guru prenatal yoga ini.

Doula Sahabat Ibu berkolaborasi Aleesha Mom & Kids Spa untuk memberikan perawatan total bagi ibu, terutama ibu hamil. Kolaborasi ini melahirkan layanan prenatal lengkap bertajuk Pregnancy Love Bundle Package.

Layanan tersebut merupakan perpaduan antara perawatan spa dengan konsultasi privat oleh doula. Salah satu layanan favorit dalam kolaborasi ini adalah Raising The Love Hormone yakni paket yang terdiri dari prenatal massage dan oxytocin massage.  Tujuannya membantu memicu kontraksi atau induksi alami sehingga paket ini ditujukan khusus untuk ibu hamil dengan usia kandungan 38 pekan ke atas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement