Selasa 17 Sep 2019 10:58 WIB

Bahaya Kulit Kepala Kering dan Cara Mengatasinya

Kulit kepala kering bisa menyebabkan ketombe hingga psoriasis.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah
Rambut Kering. Ilustrasi
Foto: gsienergy.us
Rambut Kering. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak yang bermasalah dengan dengan kulit Kepala kering dan kemudian menyebabkan gejala Ketombe. Namun demikian, hal tersebut tidak hanya menyebabkan ketombe, lebih jauh bahkan bisa berpotensi ke dalam kondisi lainnya, seperti psoriasis atau peradangan kulit kepala.

Oleh karena itu, untuk merawatnya biasakan menggunakan obat sampo dan pelembab seperti kondisioner tanpa perlu dibilas. Seperti dilansir dari livestrong pada Selasa (17/9) melembabkan kulit kepala dengan kondisioner tanpa membilas nyatanya bisa meringankan beberapa gejala yang timbul.

Baca Juga

Hal tersebut juga dinyatakan oleh penulis Leah Palmer dan Nicci Moorman dalam buku teks mereka untuk penata rambut, "S / NVQ Level 2 Hairdressing."  Palmer dan Moorman menyatakan bahwa pelembab Kondisioner seperti lilin pancar atau minyak zaitun merupakan sesuatu yang bermanfaat bagi kulit kepala yang kering.

Selain kondisioner yang dapat dibeli diberbagai toko, membuat kondisioner sendiri juga mudah dilakukan. Tentunya dengan fungsi yang sama seperti melembabkan kulit yang mengelupas dan kering.

Sementara itu, penulis, ahli kosmetik dan trichologist Lisa Akbari dalam bukunya, "Every Woman's Guide to Beautiful Hair at Any Age: Learn What Can Be Done to Keep a Beautiful Head of Hair for a Lifetime,"  Menyatakan bahwa kandungan light oil di kondisioner bisa meringankan gejala kulit kepala kering.

Dalam bukunya, ia juga memaparkan cara menggunakannya, di mana light oil seperti almond atau minyak zaitun bisa dioleskan sedikit ke kulit kepala. Kemudian pijat secara lembut ke ke rambut dan kulit kepala, tentunya dengan kondisi rambut yang telah dicuci.

Namun demikian ada peringatan ketika menggunakannya. Jika kulit kepala anda tetap kering meski menggunakan cara atau obat rumahan tersebut, kunjungi segera dokter kulit. Pasalnya dimungkinkan saja bahwa anda memiliki penyebab lain, seperti dermatitis seboroik yang menyebabkan gejala kulit kepala kering. Dengan membawanya ke dokter kulit, kondisi dan perawatan secara akurat bisa didiagnosis, sehingga anda bisa melakukan perawatan khusus jika dimungkinkan.

Seperti diketahui, kulit kepala kering yang menyebabkan gatal di kulit kepala bisa membuat rambut rontok atau kulit kering yang berjatuhan jika digaruk. Menurut MedicalNewsToday.com, ketombe dapat disebabkan oleh kulit kering dan berminyak.  Jika kulit kepala Anda kering, serpihan ketombe cenderung lebih kecil dan tidak terlalu berminyak.

Penyebab dari hal tersebut kerap kali terjadi setelah pubertas, dan paling sering terjadi pada pria dan wanita yang berusia di awal 20 tahunan yang bisa saja berlanjut hingga usia paruh baya.

Beberapa faktor-faktor di makanan seperti kekurangan vitamin B atau kurangnya asam lemak esensial, alkohol, stres atau perubahan lingkungan juga dapat berperan dalam pengembangan ketombe dan kulit kepala kering.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement