Kamis 12 Sep 2019 18:32 WIB

Reza Rahadian Bersyukur Memerankan Sosok Habibie dalam Film

Reza cukup sering berkomunikasi dengan Habibie.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Reza Rahadian
Foto: Republika/Shelbi A
Reza Rahadian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memerankan sosok Presiden ketiga RI BJ Habibie di dua film drama biopik membuat aktor Reza Rahadian dekat dengan sang teknokrat. Momen diskusi dirinya dengan almarhum yang tutup usia pada Rabu (11/9) petang selalu terkenang.

"Saat saya mencoba mendalami sosok beliau, saya ingat datang ke rumah beliau jam 11 malam. Kami berdiskusi soal film, soal bahasa Jerman, dan cukup banyak," kata Reza ketika menghadiri pemakaman Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).

Baca Juga

Reza sering berkomunikasi dengan Habibie, baik melalui telepon, teks, dan panggilan video. Mereka saling menanyakan kabar dan kesibukan. Habibie pun sangat peduli seperti mengingatkan Reza untuk tidak lupa makan siang.

Komunikasi intens terakhir mereka berlangsung selama Juli. Awal Agustus, Reza melakukan panggilan video dengan Habibie yang tengah dirawat di rumah sakit. Saat kondisi Habibie pulih, mereka berdua membicarakan tentang film.

Pemeran 32 tahun itu bersyukur bisa memerankan sosok Habibie di film. Dia sepakat sinema menjadi medium penting untuk mengenang kiprah dan kehidupan Habibie. Termasuk, kisah cinta Habibie dengan almarhumah istrinya, Hasri Ainun Besari.

Peran itu membuatnya sering bertemu langsung, bahkan akrab dengan Habibie sejak pembuatan film sampai sang tokoh wafat. Menurut Reza, berpulangnya Habibie merupakan kehilangan besar seluruh bangsa Indonesia.

"Kita semua pasti kehilangan ya, dan buat saya penting sekali untuk kita merenungi kembali jasa-jasa yang diberikan beliau dan saya merasa bersyukur saya bisa dekat dengan beliau," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement