Kamis 05 Sep 2019 15:30 WIB

Yuk, Biasakan Minum Air Putih di Kantor

Sejuknya ruangan membuat orang tak berkeringat hingga merasa tidak perlu minum.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pekerja kantoran. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Pekerja kantoran. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air putih adalah minuman yang baik dikonsumsi untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Orang dewasa rata-rata dianjurkan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Namun, banyak yang masih abai akan hal itu, terutama mereka yang bekerja di dalam ruangan ber-AC.

Praktisi kesehatan kerja, dr Hennessy Kurniawan, mengungkapkan bahwa suhu AC yang dingin dan nyaman membuat para pekerja tidak berkeringat. Kondisi itu kerap membuat para pekerja abai dan merasa tidak memerlukan konsumsi air putih.

Baca Juga

“Orang yang kerja kantoran kan terbiasa di ruangan ber-AC, gak keringetan, jadi merasa tidak perlu minum. Padahal kan cairan dalam tubuh tetap berkurang meski di ruangan ber-AC,” kata Hennesy usai pembukaan Pusat Pelayanan Kesehatan Kerja Menara Mandiri, Jakarta, Kamis (5/9).

Dia mengungkapkan, dehidrasi atau kekurangan cairan bisa berdampak pada hilangnya konsentrasi dan menurunnya ketahanan tubuh. Karena itu, dia mengimbau orang yang bekerja di dalam ruangan ber-AC untuk mulai memperbaiki dan memenuhi konsumsi air putih setiap harinya.

“Sederhana saja, bagi yang bekerja di dalam ruangan sediakanlah air putih di atas meja. Pastikan setiap harinya kamu meminum air itu,” kata Hennessy.

Terpenuhinya kebutuhan air putih, menurut Hennesy, mampu menekan berbagai risiko penyakit, misalnya penyakit infeksi saluran kemih atau batu ginjal. Selain itu, mengonsumsi air putih yang cukup juga akan menjaga kesegaran kulit dan membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement