Kamis 05 Sep 2019 12:44 WIB

Benda-Benda Ini Perlu Diganti Secara Rutin

Benda tersebut perlu diganti karena menyimpan banyak bakteri.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Pakai maskara
Foto: onsugar.com
Pakai maskara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak barang, aksesori, hingga alat-alat yang perlu digunakan setiap harinya. Namun, benda-benda tersebut tentu memiliki masa pakai dalam jangka waktu tertentu dan perlu diganti secara rutin.

Dilansir Business Insider, benda-benda ini perlu diganti secara rutin.

Baca Juga

Sikat Gigi

American Dental Association (ADA) merekomendasikan agar Anda mengganti sikat gigi, maupun kepala sikat gigi listrik setiap tiga hingga empat bulan. Seperti yang dijelaskan oleh  Keith Arbeitman, seorang dokter gigi di New York, Amerika Serikat (AS), seberapa sering Anda harus menukar sikat gigi Anda dengan yang baru tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya. Salah satu tanda bahwa sikat gigi harus diganti adalah bulu sikat mulai menekuk.

Sisir

Women's Health merekomendasikan untuk mengganti sikat rambut Anda setiap enam bulan hingga setahun karena, seiring waktu, sikat dapat menumpuk dari produk dan rambut yang kusut. “Sikat yang kotor dapat membuat rambut bersih terlihat kotor, berminyak, dan berat,” Tsippora Shainhouse, dokter kulit di Beverly Hills, California.

Pisau Cukur

American Academy of Dermatology mengatakan perlu untuk mengganti pisau cukur setelah lima hingga tujuh kali pakai. Hal ini akan meminimalisir iritasi pada kulit, karena mengganti pisau cukur secara teratur dapat membantu Anda menghindari menggunakan pisau yang sudah tumpul.

Seprei

Penggantian seprei perlu dilakukan setiap dua atau tiga tahun sekali. Setelah beberapa waktu, kain akan menunjukkan tanda-tanda seperti penipisan dan pemudaran, dan bahan akan mulai terasa kurang nyaman.

Maskara

Masa pakai makeup bervariasi diantara satu produk ke produk lainnya. Namun, khusus untuk maskara, produk ini hanya dapat bertahan dengan baik dalam beberapa bulan.

Secara umum, Anda harus membuang maskara setelah dua atau tiga bulan, atau ketika produk ini mulai menggumpal, serta memiliki bau yang berbeda. Anda juga tidak boleh menambahkan air untuk melembabkan maskara yang nampaknya telah kering, karena itu hanya akan memasukkan bakteri.

Spons dapur

Spons untuk mencuci piring adalah tempat bakteri berkembang biak. Beberapa ahli mikrobiologi bahkan mengatakan, Anda harus menggantinya seminggu sekali.

Sebuah studi yang diterbitkan pada 2017 di jurnal Scientific Reports menemukan bahwa spons dapat menampung banyak bakteri, termasuk patogen, yang dapat menyebabkan penyakit tertentu.

Bra

Bra dapat kehilangan elastisitas dan bentuknya, setelah sekitar enam bulan pemakaian yang sering. Menurut Lexie Sachs, seorang analis produk tekstil di Good Housekeeping Institute, Anda harus mengganti bra ketika mereka kehilangan elastisitasnya, yang mungkin terjadi dalam enam bulan sejak Anda membelinya.

“Jika bra tidak lagi elastis, khususnya di bagian punggung, maka fungsinya sudah tidak lagi ada,” ujar Sachs.

Bantal

Bantal dapat menyerap hingga satu ton detritus setelah satu atau dua tahun. Karen itu, penting untuk menggantinya, mengingat benda ini diperlukan untuk kenyamanan leher dan punggung.

Bantal dapat menumpuk sel kulit mati dan rambut, selain menyerap minyak tubuh. Detritus ini membantu tungau debu, alergen yang umum, berkembang. Jika ingin bantal Anda bertahan lebih lama, cucilah setiap enam bulan dan tutupi dengan pelindung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement