Kamis 05 Sep 2019 08:58 WIB

Mengenal Saus Cabai yang Berkualitas

Tidak semua saus cabai miliki komposisi cabai segar yang cukup tinggi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Cabai
Foto: Flickr
Cabai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk saus cabai di pasaran begitu banyak, mulai dari harga yang murah hingga cukup mahal di antara yang lainnya. Meski begitu, harga tidak bisa menjadi patokan untuk mencari yang berkualitas, terus apa yang bisa menjadi patokan?

Menurut Chef Yuda Bustara, untuk memilih saus cabai yang tepat perlu diperhatikan kadar cabai segar dalam produk tersebut. Semakin tinggi kadarnya, maka biasanya akan menawarkan rasa yang lebih segar dan mirip dengan olahan cabai.

Baca Juga

"Jadi coba saja rasakan satu-satu mana rasa cabainya yang lebih pas. Karena memang setiap pedas beda-beda, ada yang lebih manis, lebih encer," ujar Chef Yuda.

Selain dari segi rasa, saus cabai yang meiliki komposisi cabai segar yang cukup tinggi akan terlihat dari tekstur yang dihasilkan. Menurut lulusan Taylor’s College dan Universite Le Mirail School of Hospitality & Tourism, Malaysia, teskur tidak akan bisa menipu.

"Tekstur dan juga rasa, kepekatannya ini dilihat dari kalau makan french fries saja, kan ada yang bisa dicoel ada yang tidak bisa sama sekali saking cairnya," ujar Chef Yuda.

Salah satu yang memiliki kadar cabai segar yang tinggi dalam produk saus cabai adalah Sambal Dua Belibis. Dalam pengolahannya menggunakan 47 persen cabai dan bawang putih asli serta bahan-bahan pilihan yang diproses secara terintegrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement