Senin 02 Sep 2019 09:27 WIB

Trik Gunakan Saus Sambal di Masakan Padang

Saus sambal umumnya terbuat dari cabai merah yang digunakan di masakan Padang.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Masakan Padang.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Masakan Padang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebutkan makanan apa saja yang biasanya ditambahkan saus sambal? Bakso, siomay, kentang goreng, dan jangan lupakan, makanan padang pun bisa mendapatkan sentuhan dari saus sambal.

"Sebenarnya makanan Padang kalau tidak punya cabai merah bisa diganti dengan saus sambal," ujar Chef Yuda Bustara.

Baca Juga

Mengapa bisa saus cabai digunakan untuk masakan khas Indonesia itu? Menurut Chef Yuda, makanan Padang pada hakikatnya berbasis cabai merah. Dan, saus cabai bisa menggantikan posisi tersebut ketika memang dibutuhkan.

Lulusan Taylor’s College dan Universite Le Mirail School of Hospitality & Tourism, Malaysia, ini menjelaskan, beberapa restoran Padang di Indonesia sudah memanfaatkan saus cabai. Rasa yang dihasilkan dari saus cabai ini memang memberikan sentuhan berbeda di lidah, sehingga diduga rumah makan Padang menggunakan saus cabai untuk memberikan kekhasan masakannya dengan memanfaatkan campuran tersebut.

"Saya yakin masukin saus sambal agar rasanya berbeda dan meski karakternya sama tetap saja berbeda," ujar Chef Yuda.

Beberapa masakan Padang yang telah tersebar di berbagai daerah bahkan luar negeri sering kali memberikan rasa yang berbeda-beda. Meski menawarkan rasa cabai tambahan beberapa bahan memberikan rasa yang berbeda, termasuk memanfaatkan saus cabai.

Agar masuk rasanya ke masakan Padang, Chef Yuda mengingatkan, penting untuk memilih saus cabai yang tepat. Sebisa mungkin cari saus cabai yang kandungan cabai aslinya lebih banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement