Senin 02 Sep 2019 16:36 WIB

Minum Banyak Saat Perut Kosong tak Terlalu Bermanfaat?

Minum air saat perut kosong tidak membantu tubuh terhidrasi sempurna.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Minum air putih
Foto: Sciencealert
Minum air putih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi 2018 di jurnal Frontiers in Physiology menyebutkan bahwa dehidrasi termasuk penghambat kinerja manusia. Ketika mengalami kekurangan cairan, orang akan merasa lelah dan atlet akan mengalami penurunan daya tahan.

Bahkan, dehidrasi ringan dapat mengganggu suasana hati seseorang atau kemampuan untuk berkonsentrasi. Namun, apakah dengan minum sepanjang hari membantu Anda tetap terhidrasi?

Baca Juga

Dilansir laman Time, minum memang cara yang efektif bagi kebanyakan orang untuk tetap terhidrasi. Tapi, menumpuk air dalam jumlah besar pagi, siang dan malam mungkin bukan cara terbaik atau paling efisien untuk memenuhi persyaratan hidrasi tubuh.

"Jika Anda minum air, kemudian dalam dua jam, frekuensi urinasi Anda jadi sangat tinggi dan urin Anda jernih, itu berarti air tidak bertahan di tubuh," ungkap profesor kesehatan masyarakat di Appalachian State University dan direktur Human Performance Lab di North Carolina Research Campus, David Nieman.

Menurut Nieman, air biasa memiliki kecenderungan untuk menyelinap melalui sistem pencernaan manusia ketika konsumsinya tidak disertai dengan makanan atau nutrisi. Ini utamanya terjadi ketika orang minum air dalam jumlah besar saat perut kosong.

"Tidak ada manfaat dari konsumsi semacam itu," katanya.

Faktanya, urine jernih adalah tanda "overhydration", menurut Klinik Cleveland. Beberapa penelitian terbaru mendukung klaim Nieman bahwa minum banyak air bukanlah cara terbaik untuk tetap terhidrasi.

Studi tahun 2015 di American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti membandingkan efek hidrasi jangka pendek dari lebih dari selusin minuman yang berbeda, mulai dari air putih dan minuman olahraga hingga susu, teh, dan bir, hingga solusi rehidrasi yang diformulasikan khusus.

"Berdasarkan analisis urine yang dikumpulkan dari sukarelawan penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa beberapa minuman, termasuk susu, teh, dan jus jeruk, tapi bukan minuman olahraga, lebih menghidrasi daripada air putih."

Penulis studi 2015 menulis bahwa ada beberapa elemen minuman yang memengaruhi berapa banyak air yang dipertahankan oleh tubuh. Ini termasuk kandungan nutrisi minuman serta kehadiran "agen diuretik" yang meningkatkan jumlah urine yang dihasilkan seseorang.

Menelan air bersama dengan asam amino, lemak, dan mineral tampaknya membantu tubuh mengambil dan mempertahankan lebih banyak air dan karenanya mempertahankan tingkat hidrasi yang lebih baik. Hal ini sangat penting setelah latihan dan periode keringat yang berat.

"Orang-orang yang minum air di antara waktu makan dan tanpa makanan, mungkin cairannya hanya akan menjadi urine," kata Nieman.

Selain itu, Nieman juga menyoroti gagasan populer bahwa konsumsi air yang terus-menerus dan banyak membersihkan racun tubuh atau bahan yang tidak diinginkan. Menurut dia, klaim itu tak sepenuhnya benar.

"Urine memang mengangkut produk sampingan kimia dan limbah keluar dari tubuh, tetapi minum banyak air dalam perut kosong tidak meningkatkan proses pembersihan ini, kata Nieman.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, konsumsi air yang berlebihan bahkan bisa berbahaya.

"Pada atlet atau orang yang berolahraga berjam-jam, jika mereka hanya minum air, mereka dapat membuang terlalu banyak natrium dalam urine mereka, yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam kadar natrium tubuh," jelas Nieman, yang telah menghabiskan banyak waktu kariernya menyelidiki hidrasi terkait olahraga.

Dokter menyebut ketidakseimbangan ini sebagai "hiponatremia" dan dalam beberapa kasus ini bisa mematikan. Dalam skenario tersebut, minuman olahraga dan minuman lain yang mengandung nutrisi dan natrium lebih aman daripada air putih.

Sementara hiponatremia dan konsumsi air yang berlebihan bukan masalah besar bagi non-atlet, ada cara yang lebih baik untuk menjaga tubuh dan otak tetap terhidrasi daripada menumbuk air sepanjang hari. Menyeruput air (atau minuman lain) sedikit demi sedikit mencegah ginjal kelebihan beban dan karenanya membantu tubuh mempertahankan lebih banyak H2O.

Minum air sebelum atau selama makan atau kudapan adalah cara lain yang baik untuk hidrasi. "Minum air dengan asam amino atau lemak atau vitamin atau mineral membantu tubuh mengambil lebih banyak air, itulah sebabnya minuman seperti susu dan jus buah cenderung terlihat cukup baik dalam studi hidrasi ini," katanya.

Beberapa penelitiannya sendiri telah menemukan bahwa makan pisang lebih baik daripada minum minuman olahraga ketika datang ke pemulihan pasca latihan. Dia mengatakan, makan hampir semua buah dan air akan membantu kemampuan tubuh untuk mengambil H2O dan terhidrasi kembali. Aturan hidrasi ini berlaku untuk atlet juga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement