Jumat 30 Aug 2019 08:33 WIB

Susu Soya Bisa Jadi Solusi Anak Alergi Susu Sapi

Anak yang alergi susu sapi harus dipastikan tes lebih dulu.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak minum susu
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Anak minum susu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketidakcocokan anak terhadap protein susu sapi merupakan tantangan kesehatan yang perlu ditangani dengan tepat. Karena susu sapi (sebagai salah satu sumber protein hewani) merupakan bagian dari komponen kebutuhan gizi seimbang anak.

Konsultan Tumbuh Kembang Anak, Prof Dr dr Rini Sekartini, SpA(K) mengatakan anak yang tidak bisa konsumsi susu sapi harus dipastikan terlebih dahulu apakah benar anak alergi susu sapi. Karena menurutnya ada beberapa gejala yang mirip alergi susu sapi tapi ternyata bukan. Selain alergi, gejala yang sama bisa juga menandakan anak intoleransi terhadap laktosa juga galaktosemia.

Baca Juga

Untuk mengetahui anak alergi susu sapi atau tidak, ada pemeriksaan klinis. Selain itu ada beberapa anak harus periksa ke laboratorium.

"Untuk menegakkan diagnosis harus ada pemeriksaan lgE positif atau uji kulit alergi," jelasnya di acara Media Gathering dan peluncuran inovasi baru SGM Eksplor Advance+ Soya, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Anak yang alergi susu sapi akan menunjukkan beberapa gejala. Di antaranya ruam pada kulit, saluran cerna terganggu sehingga muncul keram perut, kolik atau diare, gangguan saluran napas seperti napas grok-grok atau pilek.

Peran orang tua untuk mengatasi susu sapi sangat diperlukan. Orang tua harus tahu nutrisi bagi si kecil yang tidak cocok dengan protein susu sapi agar tetap dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal.

Menurut Prof Rini, untuk mengatasi alergi susu sapi, anak harus menghindari susu sapi atau turunannya. Selain itu juga memberikan solusi alternatif pengganti susu sapi.

Anak yang alergi susu sapi menurutnya tetap bisa konsumsi protein terhidrolisa yaitu formula dengan protein terhidrolisa ekstensif, dan formula asam amino. Selain itu, formula kedelai atau soya juga bisa menjadi pilihan atau solusi alternatif anak yang alergi susu sapi.

"Bukan susu soya yang di pasar. Soya itu bukan untuk anak. Yang untuk anak adalah produk fortifikasi kedelai dan yang ditambahkan mikronutrien seperti kalsium dan zat besi," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement