Sabtu 24 Aug 2019 04:58 WIB

6 Cara Alami Bersihkan Karang Gigi

Karang gigi bisa menyebabkan kerusakan gigi dan sakit gusi.

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)
Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

Ingin gigi yang putih dan bersih? Untuk itu, Anda harus rajin merawat kesehatan gigi agar bersih dari plak dan karang gigi.  

Karang gigi tidak bisa dianggap remeh, karena bisa menyebabkan kerusakan gigi dan sakit gusi. Berikut 6 cara alami untuk membersihkan karang gigi dan plak.

Buah Jambu

6 Cara Alami Bersihkan Karang Gigi
Sumber: Istimewa

Anda pasti belum mengetahui bahwa buah jambu biji beserta daunnya ternyata bisa digunakan untuk membersihkan gigi dari timbunan plak yang membandel secara alami. Nyatanya, jambu biji sudah digunakan sejak puluhan abad lalu untuk meredakan masalah gigi dan gusi.

Daun buah yang satu ini juga sering dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi, menyembuhkan gusi berdarah dan menghilangkan bau mulut. Caranya dengan mengunyah daunnya.

Cuka Putih

Cuka putih memiliki kandungan anti-bakteri yang bisa menghentikan akumulasi plak dan membantu menyingkirkan karang gigi. Kandungan acetic acid dalam cuka putih bisa melancarkan proses demineralisasi pada permukaan gigi. Karena itu, cukup dengan takaran kecil, bahan ini bisa digunakan sebagai cairan mouthwash.

6 Cara Alami Bersihkan Karang Gigi
Sumber: Istimewa

Caranya, cukup dengan mencampurkan dua sendok teh cuka putih, ½ sendok teh garam, dengan setengah gelas air yang di aduk hingga rata. Setelah itu gunakan untuk berkumur sebanyak dua kali sehari untuk membersihkan mulut.

Biji Wijen

6 Cara Alami Bersihkan Karang Gigi
Sumber: Sooperboy

Biji wijen dapat berfungsi sebagai scrub gigi yang efektif. Bijinya, yang dikenal sebagai sesame seed ini, dapat menyingkirkan plak dan karang gigi tanpa merusak enamel gigi. Kunyahlah segenggam biji wijen, kemudian sikat gigi Anda tanpa menggunakan pasta gigi, dengan biji-biji yang masih tersimpan dalam mulut. Setelah lima menit, kumurlah dan buang biji-biji tersebut hingga bersih dari dalam mulut Anda. 

Kulit Jeruk

Sumber: Winnetnews

Untuk menyingkirkan karang gigi, Anda bisa menggosok-gosokkan kulit jeruk pada permukaan gigi selama kurang lebih dua menit. Jeruk memiliki kandungan citric acid yang seringkali dipakai sebagai zat pemutih dalam pasta gigi. Karena itu, cara yang satu itu bisa Anda terapkan di rumah untuk membuat gigi Anda terlihat putih dan bersih.

Lidah Buaya

6 Cara Alami Bersihkan Karang Gigi
Sumber: Istimewa

Meskipun rasanya pahit, lidah buaya alias aloe vera dapat memutihkan gigi secara alami dan menghilangkan karang gigi dengan efektif. Campurkan satu sendok teh gel lidah buaya, empat sendok teh gliserin, lima sendok makan soda kue, dan satu gelas air putih, kemudian sikatlah gigi dengan campuran tersebut. Lakukan cara ini selama beberapa hari hingga gigi terlihat lebih putih dan bersih. Sekadar informasihindari lidah buaya jika Anda mengidap alergi terhadap bunga tulip, bawang merah, dan bawang putih.

Baking Soda

6 Cara Alami Bersihkan Karang Gigi
Sumber: Istimewa

Baking soda alias soda kue pun dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan plak dari gigi Anda. Caranya, satu sendok teh soda kue dan sedikit garam dicampur hingga rata lalu taburkan di atas sikat gigi. Setelah itu sikat gigi Anda seperti biasa. Beberapa menit kemudian kumur dengan air hangat. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencampurkan sedikit soda kue dengan pasta gigi untuk mendapatkan rasa mint yang lebih segar ketika menyikat gigi.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement