Rabu 21 Aug 2019 02:25 WIB

4 Cara Menjaga Lutut Tetap Sehat

Lutut selalu jadi bagian rawan untuk semua orang melakukan aktivitas sehari-hari.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Lutut selalu jadi bagian rawan untuk semua orang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sendi yang satu ini punya pekerjaan yang berat saat berdiri, berjalan, dan berlari. Menjaga kesehatan lutut jadi pekerjaan wajib yang harus kamu lakukan sejak dini.

Berikut 4 cara untuk menjaga lutut tetap sehat.

Jaga Berat Badan

Semakin besar tubuh, semakin berat juga beban yang harus diangkat oleh lutut. Menjaga berat badan tetap ideal sebenarnya bukan cuma untuk jantung, tapi juga untuk menjaga sendi lutut tetap sehat. Setidaknya tetap menjaga asupan makanan agar berat badan tetap ideal. Tidak perlu diet layaknya atlet profesional. Cukup makan yang cukup dan teratur saja sudah bisa menjaga berat badan tetap di angka normal.

Baca Juga: Berjalan Mundur Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Olahraga Teratur

Menjaga pola makan akan terasa kurang tanpa olahraga teratur. Artinya, makanan masuk ke dalam tubuh tidak akan terpakai semuanya karena aktivitas fisik yang dilakukan pun sedikit. Olahraga juga bisa menjaga kelenturan semua otot dan sendi, termasuk yang ada di daerah lutut dan sekitarnya. Olahraga yang disarankan yaitu, squatslungesstep-up box, swimming, jogging.

Ubah Rutinitas

Kalau Anda sering berolahraga, ada baiknya variasikan latihan dan bentuk olahraga. Saat sudah terbiasa dengan lari atau jogging, coba sekali-sekali berenang untuk supaya tidak melulu berpusat pada kaki. Sebaiknya juga latihan beban atau otot lain, seperti push up  atau plank untuk mengencangkan otot-otot tubuh bagian atas dan buat tubuh jadi lebih ringan.

Pilih Makanan Terbaik

Salah satu makanan diet terbaik adalah kacang-kacangan dan buah berry. Jenis makanan tersebut memiliki protein tinggi yang bisa membantu memproduksi pelumas di dalam sendi dan membuatnya tetap lentur. Selain itu, berbagai jenis kacang juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sel-sel yang rusak setelah beraktivitas.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Update Berita Film dan Musik Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya