Jumat 09 Aug 2019 17:45 WIB

Tanpa Disadari Lima Hal Ini Sebabkan Gigi Kuning

Air lemon dan teh hijau tanpa disadari dapat membuat gigi menguning

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih
Gigi (Ilustrasi)
Foto: Boldsky
Gigi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gigi yang bersih dan bebas noda tentu merupakan dambaan banyak orang. Tak heran bila banyak orang yang memberi perhatian lebih untuk merawat kesehatan dan kebersihan gigi.

Meski sudah menjaga kebersihan gigi, tak sedikit orang yang tanpa sadar membuat gigi mereka menguning. Warna kuning pada gigi ini bisa muncul karena kebiasaan-kebiasaan sederhana yang tanpa disadari dapat mengurangi keindahan gigi.

Baca Juga

Seperti dilansir Her World, ada lima hal yang tanpa disadari dapat membuat gigi menguning. Berikut ini adalah kelima hal tersebut.

1. Air lemon

Air lemon merupakan salah satu minuman favorit yang menyegarkan di tengah cuaca panas. Akan tetapi kombinasi asam dan gula pada lemon dapat memunculkan masalah bagi gigi.

Keasaman pada lemon dapat mengikis email gigi dan membuat lapisan gigi bernama dentin lebih terekspos. Seperti diketahui, dentin memiliki warna yang kuning. Sedangkan gula dapat membuat gigi bernoda jika menempel di gigi.

Jangan menyikat gigi dalam kurun waktu kurang dari 30 menit setelah meminum atau menyantap sesuatu yang bersifat asam. Hal ini akan membuat pengikisan gigi oleh keasaman minuman atau makanan makin meluas.

2. Teh hijau

Meminum terlalu banyak teh hijau juga dapat membuat gigi menguning atau menjadi keabu-abuan. Hal ini bisa terjadi karena teh hijau juga mengandung tanin seperti halnya kopi dan teh hitam walaupun dengan kadar yang lebih rendah.

Untuk menghindari perubahan warna pada gigi akibat teh hijau, sikat gigi sekitar setengah jam setelah menyeruput teh hijau atau menyantap apapun yang dapat meninggalkan warna pada gigi.

3. Obat kumur

Obat kumur umumnya mengandung senyawa bernama chlorhexidine gluconate. Senyawa ini dapat mengubah warna gigi. Chlorhexidine gluconate dapat bereaksi secara kimia dengan sisa makanan yang menempel pada gigi dan meninggalkan noda cokelat pada gigi.

Namun bukan berarti obat kumur harus benar-benar dihindari karena sebagian orang justru membutuhkan obat kumur. Salah satunya adalah pasien gingivitis. Akan tetapi akan lebih baik bila penggunaan obat kumur dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter gigi. Opsi lainnya adalah memilih obat kumur yang tidak mengandung chlorhexidine gluconate.

4. Kecap asin

Kecap asin merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Kecap asin juga kerap menjadi pendamping dalam sajian sushi yang lezat.

Akan tetapi, kecap asin kaya dengan zat pewarna jenuh yang dapat membuat gigi jadi bernoda. Oleh karena itu, pastikan tidak terlalu banyak mengonsumsi kecap asin dan selalu berkumur setelah mengonsumsi kecap asin.

5. Klorin kolam renang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Akan tetapi, berenang di kolam renang berklorin ternyata dapat berdampak pada gigi.

Kolam renang berklorin dapat membuat warna gigi menjadi kecokelatan. Hal ini dapat terjadi ketika air kolam renang yang berklorin masuk ke dalam mulut saat berenang. Terpapar air berklorin selama enam jam per pekan sudah cukup membuat risiko gigi bernoda menjadi lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement