Rabu 07 Aug 2019 14:21 WIB

Cara Ayah Bantu Ibu Sukseskan Pemberian ASI pada Bayi

Pemberian air susu ibu (ASI) pada bayi bukan hanya menjadi tanggung jawab ibu

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Christiyaningsih
Ibu menyusui anaknya (ilustrasi)
Foto: Republika/Amin Madani
Ibu menyusui anaknya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemberian air susu ibu (ASI) pada bayi bukan hanya menjadi tanggung jawab ibu. Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek meminta sang ayah juga ikut membantu menyukseskan pemberian ASI.

Menurut Nila meski ibu harus memberikan ASI pada buah hatinya hingga berusia dua tahun, ayah juga wajib memberikan dukungan perhatian dan kasih sayang pada istrinya.

Baca Juga

"Saya kira betul kalau ayah harus mendukung istrinya yang sedang hamil dan menyusui karena terbukti kalau ibu dalam keadaan senang maka bisa menghasilkan hormon oksitosin yang membuat ibu lebih sehat," kata Nila saat ditemui usai membuka Workshop Puncak Peringatan Pekan ASI Sedunia 2019 di Jakarta, Rabu (7/8)

Hormon oksitosin inilah yang bisa mempercepat penyembuhan penutupan rahim sang istri dengan sempurna. Tak hanya itu, Nila menyebut ada dukungan lain yang bisa diberikan ayah pada ibu menyusui.

Dukungan tersebut berupa membantu istri cukup istirahat dan tidak stres. Ayah juga diminta ikut bangun saat ibu menyusui sebagai bentuk dukungan moral karena istrinya sedang lelah. Selain itu, ayah juga bisa membantu sendawakan bayi setelah menyusui, ikut mengganti popok bayi, hingga menolong ibu ikut membersihkan rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement