Selasa 30 Jul 2019 02:54 WIB

Pahatan 1 Ton Mentega Tandai Perayaan 50 Tahun Apollo 11

Pahatan unik ini diperkirakan menarik perhatian 500 ribu pengunjung.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Pahatan mentega berukuran sesuai asilnya ini menampilkan sosok tiga kru Apollo 11 yang berhasil mendarat di bulan pada 1969.
Foto: American Dairy Association
Pahatan mentega berukuran sesuai asilnya ini menampilkan sosok tiga kru Apollo 11 yang berhasil mendarat di bulan pada 1969.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat dunia saat ini masih tenggelam dalam euforia peringatan ke-50 tahun pendaratan manusia di bulan. Ohio State Fair turut berpartisipasi dalam euforia ini dengan cara yang unik, yaitu membuat pahatan 'patung' dengan bahan dasar mentega.

Pahatan mentega berukuran sesuai asilnya ini menampilkan sosok tiga kru Apollo 11 yang berhasil mendarat di bulan pada 1969. Ketiga kru Apollo 11 tersebut adalah Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins. Pada pahatan tersebut, tampak ketiga kru duduk berdekatan sambil mengenakan pakaian luar angkasa.

Baca Juga

Terdapat pula pahatan mentega lain yang menampilkan sosok Armstrong lengkap dengan pakaian luar angkasanya. Pada karya ini, sosok Armstrong tampak seorang diri berdiri di dekat pahatan modul bulan, Eagle, dan juga pahatan tiang bendera. Tak berhenti di situ, Ohio State Fair juga menambahkan pahatan mentega berbentuk sapi dan anak sapi yang ditelinganya terdapat tanda bertuliskan Apollo.

Total mentega yang dibutuhkan untuk membuat pahatan realistis ini mencapai lebih dari 1.000 kilogram. Pahatan unik ini diperkirakan akan menarik perhatian 500.000 pengunjung ke Dairy Product Building, di mana pahatan mentega dipamerkan.

Selama berkujung dan melihat pahatan mentega, para pengunjung juga dapat mencicipi berbagai produk olahan susu. Beberapa di antaranya adalah susu, es krim, milkshake, dan roti lapis keju.

"Peringatan 50 tahun merupakan waktu yang tepat untuk memberi penghargaan bagi momen menakjubkan ini (pendaratan bulan) sekaligus berbagi kesenangan ini kepada generasi baru," terang Senior Vice President Of Communications merican Dairy Association Mideast Jenny Hubble, seperti dilansir Live Science.

Ada fakta unik lain yang mengaitkan pendaratan di bulan dengan produk susu. Setelah mengundurkan diri dari NASA pada 1971, Armstrong diketahui membeli peternakan susu di Ohio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement