Kamis 18 Jul 2019 08:24 WIB

Dermatologis Sarankan Perawatan Dasar Ini untuk Pria

Pria perlu membersihkan wajahnya dengan sabun khusus setiap hari.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari
Pria juga membutuhkan perawatan wajah agar kulit tetap terjaga.
Foto: EPA
Pria juga membutuhkan perawatan wajah agar kulit tetap terjaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dermatologis dr. Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV mengungkapkan perawatan dasar yang harus dilakukan pria setiap hari. Pertama, pria wajib mencuci wajahnya dengan sabun muka usai beraktivitas di dalam ruangan atau luar ruangan.

Dokter Endi mengungkapkan minyak yang ada di wajah ditambah dengan asap debu membuat kulit kusam seperti bagian bawah panci. Jadi harus dicuci dengan sabun khusus wajah.

Baca Juga

“(Mencuci wajah) bukan dengan sabun mandi. Soalnya pH-nya beda, kandungannya beda, sama efektivitasnya beda,” ujar dr. Endi dalam acara launching klinik perawatan pria MEN/O/LOGY di Kota Kasablanka, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kedua, pria disarankan menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit pria.

Tetapi, tutur dr. Endi, para pria harus berhati-hati dalam memilih tabir surya. Sebab, kulit pria mudah sekali berjerawat karena minyak berlebih yang dihasilkan oleh hormon testosteron.

Selain itu, dr. Endi juga mengatakan masalah kulit dan rambut yang umumnya dialami oleh banyak pria. Pertama, kebotakan.

Menurut dr. Endi, kebotakan terjadi atas pengaruh hormon testosteron. Kemudian, ada beberapa orang yang mempunyai bakat genetik sehingga rambutnya akan lebih mudah rontok di tempat-tempat tertentu.

Kebotakan ini bisa diatasi dengan treatment PRP (platelet-rich plasma). PRP ini menggunakan sebagian darah untuk dijadikan plasma yang kaya akan faktor pertumbuhan.

“Darah yang diambil 15 sampai 20 cc. Itu kami ekstrak darahnya sehingga dapat konsentrasi (trombosit) yang maksimal, yang bisa digunakan untuk perawatan,” ujarnya.

Konsentrat trombosit dapat diaplikasikan secara maksimal di kulit kepala dengan tujuan menumbuhkan rambut.

Kedua, masalah jamak yang dialami pria adalah jerawat. Jerawat dapat disembuhkan dengan laser khusus yang mematikan bakteri dan menghilangkan peradangan.

Bekas hitam akibat jerawat menjadi masalah ketiga yang dialami banyak pria. Bekas hitam ini dapat diatasi dengan laser dan peeling. Tujuannya untuk membuang kulit mati agar tidak menyebabkan penyumbatan.

Bekas yang terlalu dalam juga bisa dihilangkan dengan PRP treatment. Konsentrat trombosit dapat disuntikkan ataupun dioleskan ke bagian kulit yang diinginkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement