Ahad 11 Dec 2022 02:43 WIB

Kulit Pria Lebih Berminyak Dibanding Perempuan, Lebih Butuh Perawatan?

Kulit pria 15-20 persen lebih tebal dibandingkan wanita.

Pria juga membutuhkan perawatan agar kulitnya sehat dan bercahaya (glowing). (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Pria juga membutuhkan perawatan agar kulitnya sehat dan bercahaya (glowing). (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit pria ternyata lebih berminyak jika dibanding dengan kulit perempuan. Hal itu dikatakan dokter spesialis kulit dan kelamin dr Samuel Lucas Simon, SpKK.

"Hal tersebut memungkinkan karena hormon testosteron di dalam tubuh pria mampu merangsang produksi minyak berlebih di kulit wajah sehingga membuatnya lebih mudah berjerawat," katanya dalam siaran pers Oneskin pada Jumat (9/12/2022).

Baca Juga

Sebuah penelitian Usage and Attitude yang pernah dilakukan oleh TNS (sebuah perusahaan penyedia layanan survei pasar) menunjukkan, bahwa 61 persen pria di Indonesia memiliki jenis kulit yang berminyak. Selain itu, 33 persen pria menganggap kulit berminyak merupakan akar dari berbagai permasalahan kulit yang mengganggu.

Senada dengan itu, dr Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD menyebut memang terdapat perbedaan pada kulit pria dan wanita. Kulit pria 15-20 persen lebih tebal dibandingkan wanita.

 

"Karena itu, pria jangan asal menggunakan produk perawatan wajah yang diperuntukkan bagi wanita atau begitu pun sebaliknya. Karena memang kandungan zat di dalam produk kecantikan untuk pria dan wanita tentu berbeda," kata Srie.

Selain itu, kulit wajah pria sangat mudah mengalami penurunan kadar pH, membuat kulit cenderung kering. Dia mengatakan, kulit wajah pria justru lebih membutuhkan perawatan.

 

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement