Selasa 16 Jul 2019 18:56 WIB

Manfaat Luar Biasa Spirulina (2-Habis)

Cukup taburkan spirulina ke jus atau makanan untuk meraih manfaatnya.

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari
Spirulina
Foto: Flickr
Spirulina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spirulina, mikro-ganggang biru-hijau, adalah makanan super yang banyak dibicaraka. Spirulina memiliki manfaat kesehatannya mendalam yang membantu memulihkan dan merevitalisasi kesehatan secara keseluruhan.

Spirulina tumbuh secara alami di danau asin dan lautan di iklim subtropis. Tanaman ini tumbuh di seluruh dunia dari Meksiko ke Afrika dan bahkan Hawaii.

Baca Juga

Makanan super dari spirulina digunakan dalam minuman, makanan berenergi, dan bahkan suplemen. Terlepas dari suplemen, FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) memungkinkan produsen untuk menggunakan spirulina sebagai zat tambahan warna pada permen dan makanan kemasan.

Berikut manfaat kesehatan spirulina, dikutip dari laman Boldsky, Selasa (16/7).

Mengelola diabetes

Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa suplemen spirulina secara signifikan dapat menurunkan kadar glukosa darah puasa pada diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Meningkatkan energi

Konsumsi spirulina dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme Anda, yang pada gilirannya, membuat Anda energik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 6 gram spirulina per hari mengalami efek metabolik positif. Alga juga bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.

Mengurangi tingkat depresi dan kecemasan

Spirulina dapat membantu mengobati gangguan suasana hati dan kondisi kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan karena merupakan sumber triptofan, asam amino yang mendukung produksi serotonin. Serotonin memainkan peran utama dalam kesehatan mental.

Mencegah anemia

Suplemen spirulina meningkatkan hemoglobin dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan lebih lanjut apakah spirulina benar-benar membantu mencegah anemia atau tidak.

Antiracun

Di dalam Sebuah studi yang diterbitkan dalam Biologi Farmasi menemukan bahwa spirulina memiliki sifat antiracun yang dapat menangkal polutan dalam tubuh seperti timah, besi, arsenik, fluorida, dan merkuri.

Menambahkan spirulina juga sangat mudah untuk makanan sehari-hari. Mulai dari menambahkan bubuk spirulina ke smoothie dan jus, menaburi bubuk spirulina pada salad atau sup, atau mengonsumsi spirulina sebagai suplemen makanan dalam bentuk tablet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement