Selasa 16 Jul 2019 18:46 WIB

Manfaat Luar Biasa Spirulina (1)

Konsumsi spirulina baik bagi kesehatan jantung.

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari
Bubuk spirulina.
Foto: Pixabay
Bubuk spirulina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spirulina, mikro-ganggang biru-hijau, adalah makanan super yang banyak dibicaraka. Spirulina memiliki manfaat kesehatannya mendalam yang membantu memulihkan dan merevitalisasi kesehatan secara keseluruhan.

Spirulina tumbuh secara alami di danau asin dan lautan di iklim subtropis. Tanaman ini tumbuh di seluruh dunia dari Meksiko ke Afrika dan bahkan Hawaii.

Baca Juga

Makanan super dari spirulina digunakan dalam minuman, makanan berenergi, dan bahkan suplemen. Terlepas dari suplemen, FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) memungkinkan produsen untuk menggunakan spirulina sebagai zat tambahan warna pada permen dan makanan kemasan.

Berikut manfaat kesehatan spirulina, dikutip dari laman Boldsky, Selasa (16/7).

Mencegah kanker

Sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat dari spirulina dapat membantu mencegah kanker dan penyakit lainnya dengan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Komponen utama phycocyanin, antioksidan yang ditemukan dalam spirulina, dapat melawan radikal bebas dan menghentikan produksi molekul pemberi sinyal inflamasi.

Meningkatkan kesehatan jantung

Spirulina telah terbukti mencegah aterosklerosis dan menurunkan kadar kolesterol. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Pangan dan Pertanian menunjukkan bahwa, orang dengan kolesterol tinggi yang mengonsumsi 1 gram spirulina per hari mengalami penurunan kadar trigliserida sebesar 16,3 persen dan kadar kolesterol jahat sebesar 10,1 persen.

Mengurangi masalah sinus

Menurut sebuah penelitian, spirulina menurunkan peradangan yang menyebabkan masalah sinus. Telah terbukti efektif dalam mengurangi hidung tersumbat, bersin, keluarnya cairan dari hidung, dan gatal-gatal.

Bantuan penurunan berat badan

Spirulina adalah makanan bergizi tinggi, rendah kalori yang membantu dalam mengelola berat badan. Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa spirulina membantu dalam manajemen berat badan. Dalam penelitian ini, orang yang kelebihan berat badan yang makan spirulina selama 3 bulan menunjukkan peningkatan BMI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement