Ahad 14 Jul 2019 06:14 WIB

Diet Mediterani Bisa Perkecil Resiko Demensia

Diet Mediterania yang paling banyak dipelajari dalam kaitan fungsi kognitif.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Didi Purwadi
Ilustrasi Demensia
Foto: pixabay
Ilustrasi Demensia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada pengobatan yang efektif untuk demensia atau pikun, penyakit yang mempengaruhi 50 juta orang di seluruh dunia. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan ada banyak yang bisa dilakukan untuk menunda atau memperlambat timbul dan berkembangnya penyakit ini.

WHO mengatakan ada 10 juta kasus baru demensia setiap tahun. ''Angka ini akan menjadi tiga kali lipat pada tahun 2050,'' sebut WHO, seperti dilansir di CNN, Sabtu (13/7).

Penyakit ini adalah penyebab utama kecacatan dan ketergantungan di antara orang yang lebih tua. Penyakit ini dapat menghancurkan kehidupan orang yang terkena dampak, penjaga dan keluarga mereka.

Demensia juga menyebabkan kerugian ekonomi yang besar. Berdasarkan data WHO, biaya perawatan orang demensia diperkirakan naik menjadi 2 triliun dolar AS per tahun pada tahun 2030.

Apa saja yang bisa membantu?

Panduan WHO merekomendasikan aktivitas fisik, berhenti merokok, mengkonsumsi lebih sedikit alkohol dan diet sehat dan seimbang. Secara khusus, dikatakan bahwa melakukan diet Mediterania (memasak nabati sederhana, sedikit daging dan penekanan berat pada minyak zaitun) dapat membantu.

''Diet Mediterania adalah pendekatan diet yang paling banyak dipelajari, secara umum maupun dalam kaitannya dengan fungsi kognitif,'' kata laporan itu.

Beberapa tinjauan sistematis dari penelitian observasional telah menyimpulkan bahwa rutin melakukan diet Mediterania dikaitkan dengan penurunan risiko ringan gangguan kognitif dan penyakit Alzheimer, tetapi jika hanya sedikit melakukannya akan tidak berpengaruh.

Laporan tersebut merekomendasikan manajemen yang tepat dari berat badan, hipertensi, diabetes dan dislipidemia (kadar kolesterol tidak sehat atau tidak seimbang) sebagai langkah yang berpotensi mengurangi risiko demensia dan penurunan kognitif.

Meskipun laporan itu menekankan bahwa partisipasi sosial dan dukungan sosial sangat terkait dengan kesehatan yang baik dan kesejahteraan individu, katanya ada bukti yang tidak cukup yang menghubungkan kegiatan sosial dengan pengurangan risiko demensia.

Demikian pula, itu mengatakan pelatihan kognitif dapat ditawarkan kepada orang dewasa yang lebih tua. Namun bukti yang menghubungkannya dengan risiko demensia yang lebih rendah adalah sangat rendah. Laporan itu juga memperingatkan agar tidak menggunakan suplemen seperti vitamin B, antioksidan, omega-3 dan ginkgo.

"Rekomendasi negatif, menganjurkan bahwa orang tidak menggunakan vitamin atau suplemen makanan (kecuali jika mereka diperlukan untuk masalah klinis) disambut baik, dan diharapkan dapat menyelamatkan banyak orang dari membuang-buang uang mereka," kata profesor Tom Dening, direktur Pusat Usia Tua dan Demensia, Institut Kesehatan Mental di Universitas Nottingham.

Para ahli mengatakan bahwa saran yang dikeluarkan oleh WHO komprehensif dan masuk akal, tetapi beberapa memperingatkan bahwa bukti langkah-langkah ini akan mengurangi risiko demensia tidak selalu kuat.

"Terus melakukan hal-hal yang kita tahu bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan, tetapi pahamilah bahwa bukti bahwa langkah-langkah ini akan mengurangi risiko demensia tidak kuat," kata Robert Howard, profesor psikiatri usia tua di University College London.

"Seperti banyak rekan saya, saya sudah memberi tahu pasien saya bahwa apa yang baik untuk jantung mereka mungkin baik untuk otak mereka," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement