Jika terlalu baik pada orang lain mungkin untuk reaksi pertama mereka akan berterima kasih. Mereka akan menunjukkan bahwa mereka sangat terbantu dengan pertolongan Anda. Tapi, jangan heran jika lama kelamaan mereka justru akan meremehkan dan menyepelekan kebaikan Anda selama ini. Jadi, sebaiknya jangan terlalu baik dan sesekali Anda harus menunjukkan sisi emosional di depan orang lain.
Kali ini Cermati.com akan berbagi info tentang beberapa alasan yang bisa merugikan diri sendiri karena terlalu baik dengan orang saat di kantor. Simak dengan baik ya.
1. Pendapatmu Tidak Akan Mendengarkan
Jika terlalu baik dengan orang lain dan tidak pernah menunjukkan sikap serius, dan hanya tersenyum saat mendengar pendapat orang lain. Anda justru akan diremehkan dan tidak dianggap oleh orang lain. Pendapat Anda tidak akan didengar meskipun pendapat yang disarankan sangat bagus. Jadi, kalau ingin pendapat didengar cobalah untuk selalu bersikap tegas.
2. Hanya dimanfaatkan Oleh Orang Lain
Anda tentu sudah tahu bagaimana realita kehidupan jaman sekarang. Tidak semua orang yang kita perlakukan dengan baik akan membalas dengan perbuatan yang baik juga. Sebagian yang kita tolong justru hanya memanfaatkan kebaikan kita saja. Jadi Anda harus mewaspadai hal ini ya. Jika tidak, kebaikan Anda hanya akan merugikan diri sendiri saja. Di lain kesempatan, Anda akan kesulitan untuk menolaknya. Benar?
3. Lebih Banyak Rugi Waktu dan Tenaga
Waktu yang tadinya bisa digunakan untuk bersantai dan beristirahat justru digunakan untuk mengerjakan tugas yang bukan tanggungjawab Anda. Ini benar-benar membuat Anda kehilangan waktu yang sangat berharga.
Selain itu, Anda juga akan rugi tenaga. Tenaga yang seharusnya dihabiskan untuk mengerjakan tugas akhirnya habis untuk mengerjakan tugas milik orang lain. Syukur saja jika Anda tidak sampai mengesampingkan tugas utama. Jika tidak, bisa-bisa Anda dipecat gara-gara kebaikan sendiri.
Baca Juga: Kenali Tanda Anda Dicap Bos yang Buruk oleh Anak Buah
4. Kurang Dihargai
Anda akan lebih banyak disepelekan jika terlalu baik. Orang lain juga tidak akan menghormati Anda lagi. Namun, bukan berarti harus bersikap judes atau sombong pada orang lain ya. Sesekali saja bersikap tegas dan menunjukkan sisi emosi Anda.
Jika Anda tidak menunjukkannya, orang lain akan menganggap kebaikan Anda adalah kelemahan yang dimiliki.
5. Menimbulkan Kecurigaan
Ingatlah kembali bahwa di dunia ini banyak orang yang memiliki pikiran negatif. Tidak semuanya berpikiran positif ya.
Jika melakukan terlalu banyak kebaikan, bisa-bisa orang lain akan curiga terhadap kebaikan Anda. Mereka akan mengira Anda memiliki maksud terselubung karena terlalu baik dan bisa dikira sedang mencari perhatian atasan, berpura-pura baik juga untuk mencari ketenaran di kantor.
Jadi hati-hatilah dengan kebaikan yang Anda tawarkan.
6. Merasa Kurang Percaya Diri
Jika sudah begini, lama kelamaan Anda akan merasa kemampuan Anda hanya sedikit. Kualitas kerja dan kemampuan yang dimiliki di bidang Anda justru tidak bisa berkembang. Anda akan terus menerus mengalami penurunan tingkat kepercayaan diri dan benar-benar mengalami kerugian karena kebaikan yang dilakukan.
7. Menjadi Sumber Harapan Mereka
Beberapa orang yang sudah tahu kebaikan Anda, akan mulai mengharapkan kebaikan agar tidak pernah putus. Sehingga saat mengalami mood yang jelek di hari tersebut, Anda harus tetap berbuat baik pada teman sekantor. Jika Anda menunjukkan sikap yang berbeda seperti cuek, marah., atau tidak perduli, mereka akan langsung memperlakukan Anda dengan berbeda. Mereka hanya ingin melihat Anda dengan wajah penuh kebaikan dan selalu membantu mereka.
Baca Juga: Inilah Cara Membagi Waktu untuk bisa Bekerja Kantoran Sekaligus Menjalankan Bisnis
8. Tidak Pernah Berkesempatan Menjadi Pemimpin
Jika ingin menjadi seorang pemimpin, Anda tentu harus memiliki sifat yang seimbang antara baik dan juga tegas. Namun, jika hanya memiliki kebaikan tanpa memiliki ketegasan tentu saja Anda tidak akan menjadi seorang pemimpin. Orang lain tentu akan memilih kandidat yang lebih cocok untuk menjadi seorang pemimpin. Bukan Anda yang.
9. Tidak Akan Mendapat Bantuan
Parahnya lagi, setelah membantu mereka dengan sepenuh hati, justru mereka tidak mau gantian untuk membantu Anda saat membutuhkan bantuan. Jika sudah seperti ini, Anda tentu akan sedikit kerepotan bukan? Tentu saja alasan mereka kenapa tidak mau membantu karena Anda tidak akan marah jika mereka enggan membantu. Berbeda lagi jika langsung marah dan mengungkit bantuan yang selama ini sudah Anda berikan pada mereka.
Jadilah Pribadi yang Baik dan Tetap dihormati
Jika kepribadian Anda memang orang yang benar-benar baik, teruslah menebar kebaikan di kantor tapi jangan lupa untuk mengimbanginya bersamaan dengan sifat wibawa dan tegas agar bisa lebih dihargai oleh orang lain. Agar tidak dirugikan kedepannya oleh teman kantor sendiri.
Baca Juga: Tips Lolos Wawancara Kerja untuk Posisi Software Engineer