Sabtu 08 Jun 2019 00:06 WIB

Trik Dandan Anti Pucat dengan BB Cream

Memilih krim BB dalam warna yang tepat bantu wajah tampil tidak pucat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Berdandan
Foto: Prayogi/Republika
Berdandan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkilau, tampak jernih bercahaya, halus tanpa pori-pori, dan tanpa cacat alami, begitulah penampilan kebanyakan orang yang memakai krim BB. Namun, beberapa dari wanita berjuang untuk menciptakan tampilan ala 'tidak berdandan' itu. Tapi tanpa trik yang tepat wajah justru bisa kelihatan pucat.

Mengapa bisa seperti itu? Mungkin Anda salah mengaplikasikannya.

Baca Juga

Salah pilih warna

“Mendapatkan warna yang tepat dari krim BB sangat penting untuk memiliki dasar yang tepat dan sempurna,” ujar penata rias Beno Lim seperti dilansir dari laman Channel News Asia.

Tampak jelas, tapi tidak begitu mudah mengingat kebanyakan krim BB datang dalam nuansa terbatas dibandingkan dengan foundation atau alas bedak yang biasanya memberikan efek sangat pucat secara keseluruhan. "Jika Anda mengujinya di toko pada kulit Anda, keluarlah untuk memeriksa kecocokan warna dengan cahaya alami," kata Lim.

"Oleskan pada rahang dan lakukan swafoto ke luar rumah untuk melihat apakah itu menyatu tanpa terlihat ke kulit Anda."

Krim BB dengan SPF tinggi juga dapat membuat tampilan whitecast pada kulit, terutama di foto. Atau seperti kulit terlapis krim yang terlalu putih.

Jika Anda entah bagaimana membeli krim BB yang warnanya lebih terang dari warna kulit Anda yang sebenarnya, Lim menyarankan mengaplikasikan krim BB hanya pada area yang membutuhkan perlindungan. Lalu, usapkan sedikit bedak bronzer ke pipi, dahi dan dagu Anda menggunakan kuas perona pipi besar.

Nampak berminyak

Sebagian besar krim BB juga berfungsi ganda sebagai serum kulit, pelembab dan tabir surya, yang berarti bahwa teksturnya cenderung lebih kaya. “Jadi, jika Anda memiliki kulit berminyak atau rawan jerawat, Anda perlu menggunakan krim BB matte,” kata penata rias Zoel Tee.

Krim BB dengan hasil akhir yang dewy akan menekankan tekstur kulit jerawat atau pori-pori besar. Ditambah lagi, kelebihan sebum membuat wajah tampak berminyak.

Memakai berlebihan

Konsumen sering mengharapkan basis BB untuk melakukan fungsi bak fpundation, menyembunyikan ketidaksempurnaan seperti noda dan lingkaran mata. "Tapi BB krim seharusnya meratakan warna kulit Anda dengan cakupan yang terang dan terlihat alami," kata Tee.

Oleskan concealer dalam jumlah sedang ke area yang membutuhkan lebih banyak perlu ditutupi. Atur dengan sedikit bedak tabur agar tamapilan bertahan lebih lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement