Kamis 16 May 2019 15:41 WIB

Pakar Ungkap Bahaya Lampu LED untuk Mata

Paparan cahaya lampu LED yang kuat dapat menyebabkan hilangnya sel retina mata.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Lampu LED.
Foto: Pixabay
Lampu LED.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lampu light-emitting diode (LED) marak penggunaannya. Tapi ternyata lampu LED memiliki bahaya tertentu bagi kesehatan mata.

Pengawas kesehatan yang dikelola pemerintah Prancis mengungkapkan cahaya biru dalam pencahayaan LED dapat merusak retina mata dan mengganggu ritme tidur alami. Temuan baru mengonfirmasi kekhawatiran sebelumnya bahwa paparan cahaya yang kuat LED adalah 'racun-foto'. Bahkan dapat menyebabkan hilangnya sel retina yang tidak dapat diubah dan berkurangnya ketajaman penglihatan. Hal ini diungkapkan oleh Badan Makanan, Lingkungan, dan Kesehatan Kerja & Perancis Keselamatan (Anses).

Baca Juga

Agensi merekomendasikan dalam laporan 400 halaman bahwa batas maksimum untuk paparan akut direvisi, bahkan jika tingkat seperti itu jarang dipenuhi di rumah atau lingkungan kerja. Laporan ini membedakan antara paparan akut cahaya LED intensitas tinggi, dan paparan kronis ke sumber intensitas rendah.

Meskipun kurang berbahaya, paparan kronis dapat mempercepat penuaan jaringan retina, berkontribusi terhadap penurunan ketajaman visual dan penyakit degeneratif tertentu seperti degenerasi makula terkait usia. Teknologi tahan lama, hemat energi, dan murah, LED telah melahap separuh pasar penerangan umum dalam satu dekade, dan akan mencapai 60 persen pada akhir tahun depan, menurut proyeksi industri.

LED hanya menggunakan seperlima dari listrik yang dibutuhkan untuk bola lampu pijar dengan kecerahan yang sebanding. Pembuat bola lampu LED terkemuka di dunia adalah GE Lighting, Osram dan Philips.

Teknologi dasar untuk menghasilkan cahaya putih menggabungkan LED panjang gelombang pendek seperti biru atau ultraviolet dengan lapisan fosfor kuning. Semakin putih atau cahaya lebih dingin dan semakin besar proporsi biru dalam spektrum.

Ritme sirkadian

LED digunakan untuk penerangan rumah dan jalan, serta di kantor dan industri. Lampu LED juga semakin banyak ditemukan di lampu depan otomatis, obor (senter) dan beberapa mainan.

Layar ponsel, tablet, dan laptop LED tidak menimbulkan risiko kerusakan mata karena luminositasnya sangat rendah dibandingkan dengan jenis pencahayaan lainnya. Francine Behar-Cohen, seorang dokter spesialis mata dan kepala kelompok ahli yang melakukan tinjauan, mengatakan kepada wartawan. "Alat-alat yang menyala kembali ini -terutama ketika digunakan pada malam hari atau di tempat gelap- dapat mengganggu ritme biologis, dan dengan demikian pola tidur."

Karena lensa kristal di mata mereka tidak sepenuhnya terbentuk, anak-anak dan remaja sangat rentan terhadap gangguan seperti itu. "Mengganggu ritme sirkadian tubuh juga diketahui memperburuk gangguan metabolisme seperti diabetes, serta penyakit kardiovaskular dan beberapa bentuk kanker," kata Dina Attia, seorang peneliti dan manajer proyek di Anses seperti dilansir dari laman Malay Mail, Kamis (16/5).

Selain itu, pengaruh stroboskopik pada beberapa lampu LED dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan visual dan risiko kecelakaan yang lebih tinggi, kata laporan itu.

Untuk penerangan rumah, Anses merekomendasikan membeli lampu LED putih hangat, membatasi paparan ke sumber LED dengan konsentrasi tinggi cahaya biru, dan menghindari layar LED sebelum tidur.

Anses juga mengatakan bahwa pabrikan harus membatasi intensitas lampu depan kendaraan bercahaya, beberapa di antaranya terlalu terang.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement