Jumat 10 May 2019 09:35 WIB

Pendakian di Gunung Andong Dihentikan Selama Ramadhan

Penghentian pendakian Gunung Andong atas permintaan masyarakat adat dan pengelola

Mendaki gunung/ilustrasi.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Mendaki gunung/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Selama Ramadhan kegiatan pendakian di Gunung Andong di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dihentikan. Penghentian itu atas permintaan Ketua Lembaga Masyarakat Adat Hutan Girimulyodi Desa Girirejo dan pengelola basecamp pendakian Gunung Andong.

Junior Manajer Bisnis Kesatuan Pemangku Hutan Kedu Utara Herman Sutrisno mengatakan Gunung Andong ditutup untuk pendakian selama 33 hari. Penutupan dilakukan mulai 5 Mei 2019 pukul 12.00 WIB sampai 6 Juni 2019. Selain menyambut Ramadhan, penutupan sekaligus ditujukan untuk memperbaiki ekosistem, jalur pendakian, dan fasilitas pendakian.

Baca Juga

Ia mengatakan selama Ramadhan penutupan kawasan pendakian juga dilakukan di Gunung Kembang yang merupakan gunung anakan di Wonosobo. "Penutupan ini perlu dilakukan agar gunung atau alam ini istirahat sehingga nantinya segar kembali," katanya pada Jumat (10/5).

Penutupan gunung untuk pendakian terinspirasi aksi para pegiat Gunung Prau yang setiap tahun secara rutin pendakian untuk pemulihan ekosistem. Penutupan tersebut berlangsung selama tiga bulan. "Nantinya semua gunung di bawah pangkuan KPH Kedu Utara akan diberlakukan penutupan pada masa tertentu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement