Senin 06 May 2019 10:57 WIB

5 Manfaat Chamomile Bagi Kesehatan Tubuh

Teh chamomile sudah lama dikenal bantu hilangkan stres.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Teh bunga chamomile
Foto: Flickr
Teh bunga chamomile

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh chamomile menjadi salah satu jenis teh yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Teh jenis ini memang kaya akan flavonoid dan memiliki sifat antioksidan serta anti-mikroba yang baik untuk kesehatan.

Chamomile memiliki dua varietas, Romawi dan Jerman. Namun sebagian besar teh chamomile yang diproduksi di seluruh dunia dibuat dari daun varietas Jerman. Secangkir teh chamomile yang diseduh dikatakan mengandung sekitar dua kalori, dan 0,5 gram karbohidrat.

Baca Juga

Pendiri dan Direktur di Gaia, Dolly Kumar menyebutkan lima manfaat kesehatan potensial dari mengonsumsi chamomile. Berikut penjelasannya seperti dilansir Indian Express, Senin (6/5).

Meningkatkan tidur dan mengobati insomnia

Tidur tidak teratur, insomnia, atau ketidakmampuan kronis untuk tidur adalah masalah umum yang banyak dialami orang. Masalah tidur juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Namun mengonsumsi infus chamomile diyakini dapat membantu menenangkan saraf sehingga tidur dapat nyenyak. Karena bebas kafein, chamomile adalah minuman yang ideal untuk diminum sebelum tidur.

Obat nyeri pra-menstruasi dan kram saat menstruasi

PMS adalah masalah serius di antara banyak wanita saat menstruasi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Chemistry, chamomile diketahui memiliki sifat penghilang rasa sakit serta antispasmodik yang membantu mengurangi produksi prostaglandin (zat seperti hormon) yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Alhasil, chamomile bisa merilekskan rahim.

Meningkatkan imunitas

Infus chamomile memiliki kemampuan untuk melawan bakteri berbahaya, sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Juga dikenal untuk mengobati pilek dan sakit tenggorokan. Karena adanya antioksidan, chamomile juga bertindak sebagai pertahanan terhadap peradangan.

Mengurangi cemas dan stres

Infus chamomile yang menenangkan, membantu menenangkan saraf dan berfungsi sebagai obat penenang alami yang efektif. Karena efeknya yang menenangkan tubuh, minum teh chamomile setiap hari dipercaya dapat mengurangi rasa cemas secara drastis.

Bagus untuk kulit

Mengonsumsi teh chamomile juga membantu menghilangkan bekas jerawat. Chamomile juga bisa dioleskan pada kulit untuk mencerahkan kulit secara alami.

Selain itu teh chamomile juga bisa menyejukkan kulit yang sudah terkena terik matahari. Caranya biarkan teh yang diseduh menjadi dingin pada suhu kamar dan kemudian dengan bantuan handuk, oleskan pada area kulit yang terkena terik matahari tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement