Ahad 28 Apr 2019 19:05 WIB

Ulasan Buruk Restoran Cenderung Terjadi di Hari Hujan

Perasaan hati yang buruk, bisa akibat hujan, mempengaruhi rasa makanan restoran.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari
Hari hujan.
Foto: Pixabay
Hari hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Ada ulasan buruk yang tersisa di sebuah restoran? Mungkin hari itu sedang hujan. Hasil penelitian menemukan korelasi antara ulasan pelanggan yang buruk dan cuaca yang jelek.

Temuan itu baru-baru ini diterbitkan secara daring di Journal of Hospitality and Tourism Research. Pelanggan lebih cenderung meninggalkan komentar negatif tentang pengalaman bersantap ketika hujan turun, turun salju, atau ketika suhu ekstrem.

Baca Juga

Untuk penelitian ini, para peneliti di Ohio State University melakukan tiga percobaan terpisah. Studi pertama menganalisis kartu komentar yang tersisa di 32 restoran waralaba Florida yang sama.

Hasil penelitian menunjukkan kemungkinan pengunjung meninggalkan komentar negatif sekitar tiga kali lebih besar pada hari-hari hujan. Komentar dinilai pada skala lima poin (satu sangat negatif dan lima sangat positif).

Para peneliti kemudian memeriksa data cuaca lokal dari Pusat Data Iklim Nasional dengan melihat 14 variabel cuaca. Mereka menemukan tiga faktor meteorologis, seperti hujan, suhu, dan tekanan barometrik, dapat dihubungkan kembali ke komentar pelanggan.

Tren sama muncul dalam dua percobaan terpisah yang dilakukan secraa daring. Dalam studi daring pertama, 158 orang dari  seluruh Amerika Serikat (AS) yang telah mengunjungi restoran dalam 24 jam terakhir diminta menilai dan menggambarkan kondisi cuaca sebelum kunjungan mereka.

Mereka pun menilai suasana hati mereka sendiri dan restoran. Hasil penelitian menunjukkan, orang yang makan dalam kondisi cuaca baik melaporkan suasana hati yang lebih baik. Mereka yang suasana hatinya lebih baik memberikan ulasan restoran yang lebih bagus.

Rekan penulis studi Milos Bujisic menunjukkan bukan hanya pelanggan yang terpengaruh oleh cuaca. “Hari hujan mungkin membuat karyawan dalam suasana hati yang buruk dan itu akan mempengaruhi layanan mereka,” kata Bujisic, seperti yang dilansir dari Malay Mail, Ahad (28/4).

Dalam studi ketiga, 107 orang yang tinggal di Midwest, Northeast dan Northwest AS disurvei secara daring. Peserta yang telah mengunjungi restoran dalam tujuh hari terakhir melaporkan suasana hati, pengalaman bersantap dan kondisi cuaca mereka. Para peneliti menghubungkan cuaca yang lebih baik dengan suasana hati yang lebih bagus, serta pengalaman bersantap yang positif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement