Kamis 18 Apr 2019 16:21 WIB

Delapan Cara Memperbaiki Kinerja Otak (2-Habis)

Ada sejumlah cara yang bisa ditempuh untuk memperbaiki kinerja otak.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi otak manusia.
Foto: Indianexpress.com
Ilustrasi otak manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada delapan cara yang bisa ditempuh untuk membantu memperbaiki kinerja otak. Berikut bagian kedua dari dua tulisan yang mengulasnya:

Pemecahan masalah

Baca Juga

Tantang diri Anda dengan masalah yang semakin rumit. Dengan begitu, otak akan belajar untuk meninggalkan strategi lawas yang digunakannya dan mulai melihat masalah dari berbagai sudut pandang.

Kalau pikiran terasa mentok, geser perhatian ke hal lain lalu hadapi kembali ke masalah semula. Penyegaran seperti itu membantu membebaskan pikiran yang terkunci pada pendekatan pemecahan masalah yang sudah terbukti gagal.

Cobalah berolahraga ringan sambil memecahkan masalah. Berjalan atau jogging, misalnya. Ini membantu mengurangi perhatian yang terfokus karena kita perlu menggunakan beberapa sumber daya sadar pada aktivitas yang dilakukan.

Selanjutnya, coba juga brainstorming secara mandiri. Lebarkan perspektif. Semakin bebas pikiran, semakin besar kemungkinan otak menemukan solusi.

Kreativitas

Lihat keluar jendela saat menggunakan transportasi umum alih-alih menggunakan telepon genggam. Penelitian menunjukkan melamun dan bosan dapat membuat pikiran berkeliaran dan membantu mengembangkan kreativitas. Sambil melamun, coba bayangkan kalau itu dipakai di dunia nyata.

Gunting halaman surat kabar dan atur ulang kata-katanya untuk membuat pernyataan yang benar secara tata bahasa. Dengan menjaga kata-kata dalam struktur tata bahasa, kalimat-kalimat baru menyimpan secara makna, memaksa otak untuk melihat konten dengan cara baru.

Coba juga untuk meredupkan lampu. Penelitian oleh psikolog Universitas Stuttgart dan Hohenheim di Jerman pada 2013 mengungkap penerangan yang redup dapat memperbaiki kreativitas. Mereka menyebutkan gelap menciptakan perasaan bebas, memantik model pemrosesan yang lebih eksploratif.

Pengambilan keputusan

Lakukan curah pendapat (brainstorming) sebelum mengambil keputusan lalu tinggal tidur dulu sebelum bertindak. Seperti halnya pemikiran kreatif, pengambilan keputusan yang baik didapat dari inkubasi yang tidak disadari.

Mundurlah secara mental dari situasi dan tanyakan pada diri sendiri apa yang mungkin dilakukan oleh orang lain. Ini akan memaksa otak melihat situasi dari perspektif baru.

Pelatihan otak

Rangkaian latihan yang memadukan latihan pencarian visual dengan tantangan koordinasi motorik dan permainan pengambilan kata dapat memiliki manfaat luas. Namun, jika seseorang memiliki otak yang sehat dan dapat melakukan keterampilan normal, pelatihan yang terbaik adalah aktif di dalam komunitas, menikmati seni, mendengarkan musik, terlibat secara politis, dan menikmati kehidupan sosial.

Selain itu, latihlah sebanyak mungkin otot kognitif. Teka-teki silang adalah olahraga otak yang terkenal karena melibatkan beberapa elemen seperti ingatan, pemecahan masalah, dan sensitivitas spasial.

Haruskah meminum suplemen?

Suplemen yang mengandung vitamin dan mineral dengan dosis harian mungkin merupakan ide yang baik jika dirasa otak membutuhkan tambahan. Konsultasikan dengan dokter jika mengalami efek samping.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement