Rabu 10 Apr 2019 14:21 WIB

Sarapan Bantu Tingkatkan Konsentrasi Anak

Membiasakan anak sarapan pagi, juga dapat mengurangi risiko terjadinya obesitas.

Bubur ayam untuk sarapan.
Foto: Republika/Prayogi
Bubur ayam untuk sarapan.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Sarapan pagi mutlak harus diberikan pada anak sebelum berangkat sekolah. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan sarapan dibutuhkan untuk meningkatkan konsentrasi anak dalam menerima pelajaran.

"Anak yang sudah mendapatkan sarapan akan merasa cukup kenyang sehingga ia tidak akan merasa lemah, lesu, pusing ataupun sakit perut karena lambung yang belum terisi," kata Mimi.

Ia mengatakan hal itu terkait Hari Bekal Nasional tahun 2019 yang diperingati tiap 12 April sebagai perwujudan mencintai anggota keluarga dan melindungi mereka dengan makanan sehat.

Menurut Mimi, membiasakan anak sarapan pagi, juga dapat mengurangi risiko terjadinya obesitas. Sebab, anak yang belum sarapan cenderung membeli jajanan yang kebanyakan instan dan tidak menyehatkan.

Selain untuk anak, menurut dia, sarapan sangat diperlukan juga untuk orang dewasa sebagai persiapan tubuh dalam mengisi hari-hari dengan aktivitas fisik. "Sarapan yang baik adalah dengan menyediakan hingga seperempat energi dan zat gizi yang dibutuhkan dalam sehari, sehingga dapat memenuhi sebagian kebutuhan nutrisi pada anak," katanya.

Dengan membiasakan anak makan secara teratur, katanya lagi, diharapkan pola makan yang baik akan terbawa hingga dewasa nanti. Oleh karena itu, kata dia, ibu-ibu harus membiasakan anak-anaknya sarapan pagi dengan menu gizi seimbang, sehingga diharapkan akan menghasilkan anak yang sehat dan produktif.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement