Selasa 09 Apr 2019 19:50 WIB

Alasan Pentingnya Serat untuk Kesehatan Pencernaan

Pencernaan merupakan ujung tombak kesehatan tubuh menyeluruh

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih
Makanan berbahan gandum dengan serat tinggi (Ilustrasi)
Makanan berbahan gandum dengan serat tinggi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencernaan merupakan ujung tombak kesehatan tubuh menyeluruh. Semua penyakit berawal dari pencernaan. Hal ini diungkapkan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik Putri Adimukti.

Sebanyak 70 persen sistem imunitas tubuh terdapat di saluran pencernaan. "Markas besar ketahanan tubuh 70 persen di usus. Usus sangat mudah terkontaminasi. Makan tidak cuci tangan, makan tidak pilih-pilih higienitasnya, tidak mikir tubuh kerja keras buang toksin," ujarnya.

Baca Juga

Menurutnya, pencernaan sehat membuat kita bebas dari penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan kardiovaskuler. Jika pencernaan sehat maka kolesterol dan gula darah terkendali.

Selain itu, pencernaan sehat membuat kita lebih bahagia. Ini karena hormon kebahagiaan serontonin dihasilkan oleh pencernaan kita. “Kalau sakit, meradang, hormon kebahagiaan tidak dihasilkan. Jadi tidak bahagia,” ungkapnya.

Agar pencernaan sehat, kita harus mengonsumsi cukup serat. Serat menghasilkan energi makanan zat yang bisa memelihara lendir-lendir pencernaan.

“Kalau kita defekasi atau buang air besar (BAB) ada lendir-lendir itu gunanya banyak. Di antaranya agar pencernaan lancar dan bab lancar. Lendir juga punya fungsi yang membatasi antara usus dilapisi agar bakteri tidak masuk usus. Bakteri ini bisa masuk pembuluh darah kalau masuk berbahaya. Jadi penting sekali yang namanya fiber,” jelasnya.

Selain itu, serat juga berfungsi mengikat air sehingga menambah massa feses dan membuat defekasi lancar. Karena itu, jika sudah mengonsumsi serat maka kita harus minum air. “Serat mengikat air, kalau kurang air serat tidak bisa bekerja,” imbuhnya.

Bukan hanya melancarkan BAB, serat juga bisa menyehatkan pencernaan dan dibutuhkan dalam diet harian dan memiliki efek mengenyangkan. Sifat viskositas serat memiliki kemampuan pembentukan gel sehingga membuat lambung menjadi cepat kenyang dan memperlambat waktu penyerapan ke dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement