Senin 18 Mar 2019 14:12 WIB

Agar Bisa Didaur Ulang, Jangan Gunting Miring Kemasan Saset

Kemasan saset yang digunting miring sulit didaur ulang.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Salah satu anyaman kemasan saset yang dirangkai hingga membentuk sebuah produk daur ulang oleh Bank Sampah Induk (BSI) Gesit, Menteng Pulo, Jakarta Selatan.
Foto: Republika/Farah Nabila Noersativa
Salah satu anyaman kemasan saset yang dirangkai hingga membentuk sebuah produk daur ulang oleh Bank Sampah Induk (BSI) Gesit, Menteng Pulo, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak semua kemasan saset bisa didaur ulang menjadi produk dengan desain yang menarik. Agar sisi keren dari kemasan seset dapat ditonjolkan dalam produk daur ulang, mari menggunting dengan cara yang benar!

Direktur Bank Sampah Induk (BSI) Gesit, Menteng Pulo, Jakarta Selatan, Sri Endarwati  menjelaskan, cara menggunting kemasan saset yang benar adalah dengan menggunting pada bagian atas bungkus saset. Dia mencontohkan cara menggunting kemasan saset minuman teh serbuk.

Baca Juga

"Caranya, adalah memotongnya pada bagian atas, dari samping ke samping dengan menarik garis lurus," kata perempuan yang akrab disapa Endar ini kepada Republika.co.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mengguntingnya dengan cara begitu, kemasan saset yang tersisa akan tetap rapi. Masyarakat pun dapat mempergunakan bungkus saset itu semuanya untuk didaur ulang.

"Kalau dia motongnya sembarangan, nah kami nggak bisa pakai semuanya,” jelas dia.

Kemasan saset yang digunting miring juga lebih sulit didaur ulang. Dengan adanya pemotongan yang benar maka akan memudahkan proses daur ulang kemasan saset.

Dalam pembuatan produk daur ulang, menurut Endar, diperlukan pemilihan warna yang selaras dari kemasan saseet. Itu diperlukan demi keserasian produk dan keselarasan warna dari produk yang akan dihasilkan.

“Jadi memang harus diperhitungkan juga desain produknya seperti apa dengan warna seperti apa,” jelas Endar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement