Jumat 15 Mar 2019 09:45 WIB

Pelari Harus Tahu Hal Ini Sebelum Pedikur

Untuk seorang pelari, kapalan bisa menjadi lapisan pelindung gesekan.

Rep: MGROL121/ Red: Ani Nursalikah
Pedikur sendiri
Foto: flickr
Sebulan sekali setidaknya lakukan perawatan kaki atau pedikur di rumah.

Mengapa? Ada masalah sanitasi serius. Microplane bisa menyebabkan kerobekan kecil di kulit.

Hal itu bisa memberikan kesempatan bakteri dan jamur menyebabkan infeksi. Ditambah, menghilangkan kapalan dengan cara ini bisa membuat kulit teriritasi.

Lebih baik mengamplas kapalan dengan batu apung. Purnell menyarankan menggunakan batu apung ketika mandi, satu sampai dua kali per minggu. Ini bisa membantu mengangkat kulit mati dan menghaluskan permukaan kulit dengan aman.

Kaki melepuh dan lecet sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para pelari. Cara terbaik mengatasinya adalah dengan menutup luka dengan perban atau plester.

Biarkan luka sembuh dengan sendirinya. Jika luka membesar dan terasa sakit, Anda perlu mengeringkannya. Jangan pernah sekalipun menyobek atau memotong luka melepuh, apalagi membiarkan orang lain melakukannya

"Cara paling aman mengeringkan cairan di dalam luka lepuh adalah dengan jarum yang steril, dan jangan pernah menyobek kulit yang melepuh" ujar Batra.

Lapisan kulit yang melepuh berfungsi melindung kulit yang basah di bawahnya dari infeksi. Menghilangkannya bisa meninggalkan rasa sakit dan sensitif yang amat sangat. Saran ini diperuntukkan bagi semua orang, bukan hanya pelari.

Ada beberapa keuntungan baik pedikur bagi para pelari. Katakanlah Anda tidak memiliki luka lepuh atau luka terbuka yang dikhawatirkan infeksi, dan sudah memutuskan tidak menghilangkan kapalan yang berguna untuk proteksi saat berlari, maka Anda bisa melakukan pedikur.

"Melakukan pedikur rutin bisa membantu mencegah masalah, seperti cantengan yang menyebabkan rasa sakit," ujar dokter bedah pediatrik Dana Canuso.

Memotong kuku juga akan mencegahnya membentur bagian depan sepatu. Katakan kepada terapis kuku Anda adalah pelari dan hanya ingin dipedikur ringan.

Mereka tahu harus ekstra hati-hati memilih perawatan, tapi jika tidak, jangan malu meminta melewati beberapa tahap perawatan. Inilah hal spesifik yang harus dikatakan.

  • Katakan Anda ingin kapalan tetap utuh.
  • Minta mereka tidak menghilangkan kutikula. Kutikula memiliki peran penting untuk kuku para pelari. Kutikula dibutuhkan untuk menyegel lempengan kuku ke kulit dan menghilangkannya bisa menyebaban infeksi.
  • Minta terapis memotong pendek kuku-kuku Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement