Ahad 10 Mar 2019 00:16 WIB

Maskapai Ini Jadi yang Pertama Sediakan Pembalut

Vistara Airlines mengatakan pembalut yang disediakan merupakan pembalut organik.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Maskapai Vistara Airlines jadi maskapai pertama yang menyediakan pembalut.
Foto: Wikimedia Commons
Maskapai Vistara Airlines jadi maskapai pertama yang menyediakan pembalut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menstruasi merupakan hal yang normal dialami perempuan. Namun terkadang, menstruasi datang di saat yang tidak terduga. Salah satunya ketika perempuan sedang melakukan penerbangan di dalam pesawat.

Bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia, sebuah maskapai premium, Vistara Airlines membawa terobosan baru yang akan memudahkan para perempuan. Vistara Airlines menjadi maskapai penerbangan pertama yang menyediakan fasilitas pembalut untuk penumpang perempuan selama penerbangan.

Ketersediaan pembalut secara gratis ini akan membantu perempuan menjaga sanitasi diri selama penerbangan berlangsung. Selain itu, gerakan menyediakan pembalut gratis ini juga bertujuan mematahkan stigma atau stereotipe negatif terkait menstruasi.

"Pada #InternationalWomensDay ini, Vistara dengan bangga menjadi maskapai penerbangan India pertama yang menyediakan pembalut dalam semua penerbangan domestik, dimulai dari 8 Maret 2019," ujar akun Twitter resmi Vistara Airlines seperti dilansir Times of India.

Vistara Airlines mengatakan pembalut yang disediakan merupakan pembalut organik. Pembalut ini merupakan pembalut biodegradable alias pembalut yang bisa diuraikan secara sempurna melalui proses biologi. Dengan kata lain, pembalut yang disediakan merupakan pembalut yang bebas dari berbagai toksin, plastik serta pewangi yang berpotensi mengiritasi kulit.

Tak hanya itu, Vistara Airlines juga menyediakan bingkisan istimewa untuk penumpang yang melakukan penerbangan dalam rute apa pun pada Hari Perempuan Sedunia. Vistara Airlines juga mengambil langkah istimewa di mana kru kabin akan meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai isu perempuan seperti menstruasi.

"Sebagai perempuan, saya merasakan kebanggaan yang besar karena menjadi bagian dari organisasi yang menyediakan fasilitas penting bagi pelanggan, sesuatu yang akan menolong banyak orang," ujar Senior Vice President Vistara Airlines yang tak disebutkan namanya.

Gerakan yang diambil Vistara Airlines ini mendapatkan respons positif dari para pengguna media sosial. Mereka menilai tindakan Vistara Airlines tampak sederhana, namun bermakna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement