Ahad 03 Mar 2019 21:43 WIB

Tohpati dan Sheila Majid Saling Puji

Keduanya tampak sangat akrab selama manggung di Java Jazz Festival.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Agung Sasongko
Gitaris Indonesia Tohpati berkolaborasi dengan penyanyi Malaysia Sheila Majid di panggung Java Jazz Festival 2019.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Gitaris Indonesia Tohpati berkolaborasi dengan penyanyi Malaysia Sheila Majid di panggung Java Jazz Festival 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gitaris Indonesia Tohpati berkolaborasi dengan penyanyi Malaysia Sheila Majid di panggung Java Jazz Festival 2019. Mereka tampil di hari ketiga festival, Ahad (3/3) petang, tepatnya di Hall D1.

Keduanya tampak sangat akrab selama manggung. Kedekatan itu terlihat dari gestur mereka, termasuk tos tangan di atas panggung. Sheila bercerita bahwa dia dan Tohpati sudah saling mengenal sejak 1996.

Menurut Sheila, Tohpati berperan besar dalam karier bermusiknya. Suatu waktu, dia merasa mandek menggarap albumnya dan bercerita kepada Tohpati. Sang gitaris langsung memberi bantuan.

"Tohpati kirim satu lagu, kemudian lagi, dan lagi. Pada akhirnya dia memproduseri 10 lagu di album saya," kata perempuan 54 tahun itu dalam bahasa Inggris.

Penampilan di Java Jazz menjadi ketiga kalinya Sheila menjadi bintang tamu pertunjukan akustik Tohpati. Dua kolaborasi sebelumnya berlangsung di Jakarta dan Bandung dalam perhelatan musik lain.

Malam itu, Sheila tampil mengenakan setelan hitam berhias manik-manik silver yang menjuntai. Dia membawakan lagu "Selamanya", "Antara Anyer dan Jakarta", "Kerinduan", dan "Sinaran".

Sebelum Sheila naik panggung, Tohpati terlebih dulu memainkan lima lagu instrumental bersama grup musiknya. Dia membawakan "Cendrawasih", "Barongsai", "Kahyangan", "Dewata", dan "Mahabarata".

Dia menggoda penonton sebelum menyilakan Sheila naik panggung. Semula dia berdalih akan memanggil kru. Setelah penonton kompak dalam sorakan protes, barulah Tohpati meminta Sheila bergabung.

"Ke sini bukan mau nonton saya ya," kata Tohpati berseloroh menanggapi penonton yang sangat bersemangat menyambut Sheila.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement