Rabu 27 Feb 2019 19:52 WIB

Cerita Geisha Garap Soundtrack Film

Bagi Geisha, membuat soundtrack film lebih mudah karena ada rujukan naskah.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Band Geisha
Foto: Republika/Surya Dinata
Band Geisha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Geisha kembali merilis lagu baru untuk mengisi soundtrack film Antalogi Rasa. Sebagai pengisi soundtrack film, Geisha memang sudah tidak asing lagi.

Tidak tanggung-tanggung, band ini langsung merilis dua lagu berjudul "Rahasia" dan "Garis Tangan" untuk film Antologi Rasa. Sebelumnya mereka pernah melakukan hal yang sama untuk film Single arahan sutradara Raditya Dika.

Band yang terdiri dari Ashari Aulia atau Nard (bas), Ahmad Rasyid atau Aan (drum), Roby Satria atau Roby (gitar), Rahmad Ramadhan atau Dhan (keyboard), dan Regina Poetiray atau Regina (vokalis) mencoba menggambarkan kisah dari karakter film. Lagu "Rahasia" menceritakan perasaan karakter Keara untuk Ruly, sedangkan "Garis Tangan" tentang Keara untuk Harris.

Ternyata mengisi lagu untuk film menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi Geisha. Sebab, mereka lebih dipermudah dalam proses penggarapan lagunya. "Kan sudah ada naskahnya, jadi bisa merujuk ke sana untuk membuat lagunya," ujar Nard.

Dalam pembuatan lirik, Nard menjelaskan, Roby sebagai sosok yang mengisi lirik dipermudah karena telah ada rujukan. Berbeda ketika Geisha membuat lagu sendiri yang memang lahir dari imajinasi mereka, kemudian diproses agar sesuai dengan tema yang ingin diangkat.

Untuk menggarap soundtrack, proses membuat lagu menjadi lebih ringkas. Apalagi, dalam proyek tersebut mereka sering kali diberi kebebasan untuk membuat lagu seperti apa, tanpa ada campur tangan tim produksi film yang mengatur-atur.

Roby menjelaskan, kedua lagu itu memang berangkat dari naskah film Antalogi Rasa. Sebagai pencipta lirik lagu, dia memang menjadikan itu sebagai rujukan untuk menciptakan hubungan antara lirik lagu dan kebutuhan filmnya.

Bahkan, Roby melakukan diskusi langsung dengan penulis buku 'Antalogi Rasa' Ika Natassa untuk berbagi ide atas lirik yang sudah dibuatnya.

Roby menceritakan, mereka memang ditawari untuk langsung mengisi dua lagu dalam film Antologi Rasa. Kesempatan itu pun tidak dilepas begitu saja, bahkan dibuat menjadi sebuah proyek yang saling berhubungan satu sama lain.

"Lagu ini emang menyesuaikan dengan jalan ceritanya yang menggambarkan karakternya, antara Keara dan Ruly, dan Keara ke Harris," kata Roby.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement