Rabu 20 Feb 2019 19:30 WIB

Mengenang Lagerfeld dan Guyonan Kontroversialnya

Kejujuran Lagerfeld mendapat kritik secara luas dari berbagai pihak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ani Nursalikah
Karl Lagerfeld
Foto: EPA
Karl Lagerfeld

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia mode saat ini sedang berduka. Salah satu perancang Chanel yang legendaris Karl Lagerfeld meninggal pada usia 85 tahun pada Selasa (19/2) waktu setempat.

Selain karena gagasan dan rancangannya dalam dunia fashion. Lagerfeld juga dikenal karena kata-kata yang nyeleneh, bahkan tak jarang menimbulkan kontroversi.

Baca Juga

Salah satu ungkapan Lagerfeld yang cukup terkenal yaitu "Celana olahraga adalah tanda kekalahan" atau "Kamu kehilangan kendali atas hidupmu sehingga kamu membeli celana dalam".

Dia juga memiliki prinsip dan selera yang cukup kuat mengenai panggung mode. Dia sempat mengeluarkan pandangannya tentang apa yang boleh dan tidak boleh berada di atas catwalk.

"Tidak ada yang ingin melihat wanita berisi di atas catwalk," ucap dia kala itu seperti dilansir News.com.au, Rabu (20/2).

Kendati begitu, dia mengaku tidak membenci perempuan gemuk atau bahkan perempuan yang tidak cantik. Karena bagi dia hidup bukanlah sebuah kontes kecantikan.

"Banyak dari mereka (yang tidak cantik), namun hebat. Perlu diingat hidup ini bukan kontes kecantikan," kata dia.

Lagerfeld dan Pelanggaran Seksual

Selama sesi wawancara dengan majalah Numero tahun lalu, Lagerfeld mengungkapkan dia tidak suka dengan gerakan #MeToo yang bertujuan meningkatkan kesadaran tentang pelecehan seksual di tempat kerja. Dalam kesempatan itu dia juga menyebut para model yang berani mengungkap kasus pelecehan seksual di tempat kerja sebagai model yang bodoh, kotor, dan 'beracun'.

Dia juga mengungkapkan ketidaksukaannya pada suatu prinsip yang memosisikan para model sebagai orang yang patut dihormati di industri fashion. "Saya membaca suatu konsep yang mengharuskan kita peduli atau bertanya apakah seorang model merasa nyaman saat disuruh pose tertentu. Konsep ini membuat seorang desainer tidak bisa melakukan apa-apa," kata dia.

Tak ayal, kejujuran Lagerfeld ini mendapat kritik secara luas dari berbagai pihak.

photo
Desainer Karl Lagerfeld (kiri)

Lagerfed dan Selebritas Dunia

Desainer Chanel yang ikonik itu juga mengungkap beberapa pendapatnya tentang selebritas dunia. Misalnya Adele, Heidi Klum dan mantan suaminya. Bahkan dia juga sempat mengomentari mendiang mertua Kate Middleton, Putri Diana.

Lagerfeld mengomentari tubuh Adele yang tidak langsing, namun dia harus mengakui Adele memiliki paras cantik dan suara yang merdu. "Dia agak terlalu gemuk, tetapi dia memiliki wajah yang cantik dan suara ilahi," kata dia.

Lagerfeld juga membidik Heidi Klum dan mantan suaminya. Dia mengaku tidak kenal kepada Heidi Klum dan menyebut Klum tidak dikenal di Prancis.

Lagerfeld juga pernah mengomentari suami Heidi Klum, Seal yang berkulit hitam. Dia mengatakan kulit Seal tidak lebih baik darinya. "Saya bukan dokter kulit tetapi saya tidak menginginkan kulitnya. Kulit saya terlihat lebih baik daripada miliknya. Kulitnya memiliki bekas luka," ucap dia.

kepada mendiang Putri Diana, Lagerfeld juga sempat mengomentari Sang Putri adalah perempuan yang bodoh. Namun, dia mengakui Putri Diana adalah sosok yang cantik dan manis.

"Dia cantik dan dia manis, tapi dia bodoh," ujar Lagerfeld.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement