Selasa 19 Feb 2019 11:04 WIB

Cara Meringankan Nyeri Bunion

Bunion bisa terjadi karena rematik atau keturunan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ani Nursalikah
Kaki dengan bunion.
Foto:

Es batu

Merendam kaki di air es atau menggunakan kompres es dapat mengurangi peradangan pada sendi jempol kaki. “Merendam kaki Anda dalam air panas akan membuatnya terasa lebih baik, tapi itu juga akan membuatnya membengkak, sehingga mungkin akan lebih menyakitkan lagi di hari berikutnya,” kata Ucciferri.

Gunakan penghilang rasa sakit

Jika Anda mencari bantuan yang cepat dan andal, Ucciferri mengatakan Anda dapat mengonsumsi NSAID, seperti Aleve atau Motrin. Anda mungkin harus meminta bantuan dokter untuk menemukan beberapa pengobatan non-obat, jika mungkin, karena minum obat antiinflamasi secara teratur dapat menyebabkan efek samping.

Kenakan bantalan gel khusus

Bantalan gel kecil dirancang untuk melindungi bunion dan mengurangi gesekan di dalam sepatu Anda. Temukan mereka di apotek lokal Anda atau online. Banyak bantalan moleskin dapat diaplikasikan pada kaki atau sepatu Anda untuk mencegah gesekan yang menyakitkan. Sebagian besar juga dapat dipotong sesuai dengan ukuran dan bentuk yang Anda butuhkan. Mereka adalah pilihan yang terjangkau yang mungkin menuai manfaat besar.

Coba injeksi steroid

Jika obat pereda nyeri OTC tidak meringankan, Ucciferri merekomendasikan untuk berbicara dengan ahli penyakit kaki Anda tentang suntikan kortison, yang dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak tepat di sumbernya. Menurut Mayo Clinic, mendapatkan suntikan kortison berulang (atau suntikan dosis tinggi) dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan, tulang, dan tulang rawan di sekitarnya, jadi ini mungkin lebih merupakan solusi jangka pendek daripada jangka panjang.

Pertimbangkan operasi

Jika Anda sudah berhenti berjalan dan berolahraga secara teratur atau tidak bisa memakai sebagian besar sepatu di lemari Anda, maka Anda membiarkan bunion Anda mengatur hidup Anda, dan Anda mungkin ingin melepasnya. Namun, meski operasi adalah prosedur rawat jalan yang cukup sederhana, Anda akan memerlukan beberapa hari hingga beberapa minggu untuk pemulihan, tergantung pada ukuran bunion. Anda juga butuh satu-dua bulan sebelum Anda sepenuhnya pulih dan kembali keluar untuk lari pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement