Kamis 07 Feb 2019 13:13 WIB

Nama Bryan Singer Dicoret dari Nominasi BAFTA Awards

Tuduhan melakukan pelecehan seksual membuat nama Singer terhapus.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Bryan Singer
Foto: AP
Bryan Singer

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akademi Inggris telah mengonfirmasi bahwa nominasi untuk film Inggris yang luar biasa tidak akan lagi memasukkan nama sutradara Bryan Singer karena tuduhan pelecehan seksual. Beberapa hari sebelum upacara, nama Bryan Singer telah dihapus seluruhnya dari BAFTA Awards.

Bohemian Rhapsody telah menerima tujuh nominasi dalam BAFTA Awards. Bryan Singer adalah sutradara film tersebut. Singer menerima tuduhan lewat paparan di The Atlantic kalau ia melakukan pelecehan seksual kepada di bawah umur.

"Mengingat dugaan yang sangat serius baru-baru ini, BAFTA telah memberi tahu Bryan Singer bahwa pencalonannya untuk Bohemian Rhapsody telah ditangguhkan, segera berlaku," jelas BAFTA, dilansir dari laman Hollywood Reporter, Kamis (7/2).

Ia menambahkan bahwa nama-nama produser Graham King dan penulis Anthony McCarten akan tetap masuk nominasi. "BAFTA menganggap perilaku yang diduga sepenuhnya tidak dapat diterima dan tidak sesuai dengan nilai-nilainya. Hal ini telah menyebabkan pencalonan Singer ditangguhkan. BAFTA mencatat penolakan Singer terhadap tuduhan. Penangguhan pencalonannya akan tetap berlaku sampai hasil dari dugaan telah diajukan terselesaikan. BAFTA percaya setiap orang memiliki hak untuk berkarier di lingkungan kerja yang aman dan profesional, dan akan terus berkolaborasi dengan industri film, gim dan televisi untuk mencapai hal ini. "

Seorang juru bicara Fox sebagai rumah produksi Bohemian Rhapsody menerima sepenuhnya keputusan BAFTA. Bohemian Rhapsody dinominasikan untuk film terbaik, nama Singer digeser dengan nama produser film. Selain itu film ini mendapatkan nominasi aktor terbaik untuk Rami Malek dan masuk dalam kategori sinematografi, pengeditan, tata rias, rambut, dan suara.

Keputusan dari BAFTA datang setelah GLAAD mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menghapus film dari nominasi untuk rilis film-beredar yang luar biasa.

Singer sebenarnya tidak menyutradarai keseluruhan Bohemian Rhapsody. Ia dikabarkan keluar akibat bentrok dengan produser, klaim kalau ibu sakit kemudian disebut sebagai alasannya meninggalkan proses syuting. Posisinya diganti Dexter Fletcher dengan pembuatan film tiga minggu tersisa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement