Kamis 07 Feb 2019 07:16 WIB

Kebiasaan Sederhana Ini Bantu Anda Makan Lebih Sehat

Tidak semua lemak buruk.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Memasak di dapur.
Foto:

Pahami tentang lemak

Tidak semua lemak itu buruk. Lemak omega-3 dan omega-6 yang sehat sangat penting bagi kesehatan kita karena mendukung membran sel, perkembangan otak, dan kesehatan jantung. Ikan berminyak seperti salmon dan tuna, alpukat, dan kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji chia, kacang pinus, kacang kenari, kacang almond, biji labu dan kacang mede akan membantu.

Masak dan makan dengan orang terdekat

Ilmu pengetahuan membuktikan makan dengan orang lain membuat kita makan lebih sedikit, dan mungkin itu lebih baik. Makan bersama teman dan keluarga cenderung memperlambat makan kita, memungkinkan perut kita mengirim pesan ke otak ketika kenyang. Ini juga membuat Anda terhubung dengan orang yang dicintai yang mendukung kesejahteraan mental dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Awasi porsi Anda

Bahkan ketika makan dengan baik, makan terlalu banyak akan menghambat kesehatan Anda. Cara sederhana mengelola tidak hanya kualitas, tetapi kuantitas diet. Lebih baik makan dalam porsi yang lebih kecil dan nambah jika masih lapar.

Gunakan piring yang lebih kecil, berjalan lambat, dan lakukan pengecekan nafsu makan Anda. Terakhir, jika masih ingin makan, pilihlah lebih banyak sayuran daripada tambahkan lebih banyak pasta, nasi atau daging ke piring.

photo

Kurangi garam

Asupan garam yang tinggi dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular. Banyak dari asupan garam dicatat dalam produk olahan termasuk makanan ringan, makanan cepat saji, saus olahan, dan daging olahan.

Cara mudah mengelola asupan garam Anda adalah dengan makan makanan segar atau olahan daripada makanan kemasan. Tetapi jika harus makan makanan kemasan, periksa panel nutrisi produk makanan tersebut dan pastikan untuk kurang dari 120 Mg natrium per 100 gram.

Perbanyak air

Air minum membantu semua fungsi tubuh. Mengisi, menghidrasi, dan membantu konsentrasi serta fokus. Ini juga salah satu hal termudah dan termurah yang dapat kita lakukan untuk kesehatan kita. Mulailah setiap pagi dengan dua gelas air, nikmati air setiap kali makan, dan sediakan botol atau tempat minum sehingga Anda dapat minum setiap saat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement