Kamis 31 Jan 2019 00:01 WIB

Cara Bantu Anak Kembali Semangat Sekolah Usai Liburan

Orang tua harus membagi waktu untuk pekerjaan dan anak.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Warga menemani anaknya di dalam ruangan kelas pada hari pertama sekolah di SDN Mutiara, Desa Cibeber II, Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/7).
Foto:

Perhatikan selama kembali ke sekolah

Penting bagi orang tua untuk lebih memperhatikan apa yang terjadi pada anak. Misalnya, memperhatikan reaksi emosional anak, mungkin perbedaan dalam pola pikir atau perilaku normalnya. Menyisihkan waktu setiap hari untuk anak. Ini berarti Anda perlu menyimpan ponsel Anda sejenak.

Bicara tentang apa yang terjadi

Mampu berbagi dan berbicara tentang apa yang terjadi dapat membantu anak dan orang tua mengatasi emosi, terutama yang menjengkelkan seperti ketakutan. Selama diskusi ini, lebih baik melontarkan beberapa pertanyaan ke anak dan pahami maksud anak sebelum menyimpulkan sesuatu. Tanyakan kabarnya setiap hari, cek kondisi atau suasana hatinya, pahami masalah anak, dan memberikan dukungan terbaik untuk anak.

Tunjukkan belas kasih, pengertian, dan keyakinan

Buat anak-anak Anda tahu Anda mendengar mereka, memahami apa yang mereka alami dan Anda ada untuk mendukung mereka.Wajar bagi anak yang mengalami kegelisahan saat hari pertama masuk sekolah. Anda perlu komunikasikan kepada anak Anda percaya pada mereka dan tahu mereka akan bisa mengjaga kepercayaan itu. Bersama-sama Anda dapat memahami apa yang perlu disiapkan untuk mendukung anak.

Rencanakan ke depan

Anak-anak berkembang dengan rutin dan kebiasaan. Mendapatkan kebiasaan yang bermanfaat, seperti kebiasaan sebelum tidur. Hampiri anak ketika mau tidur saat beberapa hari sebelum masuk sekolah. Itu dapat membantu memperlancar transisi dan meredakan kejutan di pagi hari. Anda dapat membantu mengatur alat tulisnya, menyiapkan kotak makan siang dan tas sekolah, atau merencanakan rute ke sekolah. Semua cara itu untuk mempersiapkan mental anak.

Untuk anak-anak yang memulai sekolah baru, temani anak Anda sampai anak tahu di mana ruang kelasnya atau menemukan lokernya juga dapat mengurangi kecemasan anak. Mintalah sekolah untuk memperkenalkan anak kepada teman-temannya di kelas sebelum semester dimulai sehingga saling kenal dan anak Anda mempunyai teman akrab.

Bersikaplah lembut terhadap diri sendiri

Sebagai orang tua, penting untuk memastikan Anda memenuhi kebutuhan Anda sendiri. Orang tua biasanya akan kewalahan mengelola berbagai aspek kehidupan. Orang tua membutuhkan kapasitas untuk mendukung anak dengan baik, yang berarti perawatan diri perlu menjadi prioritas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement