Rabu 23 Jan 2019 19:09 WIB

Tips Menabung Agar Kantong tak 'Bolong'

Perkecil biaya langganan bulanan dan hindari membayar dengan kartu kredit.

Rep: MGROL 117/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Orang tua perlu mengajarkan pentingnya menabung pada anak serta mengajarkan pemahaman akan ibadah haji dan umrah sejak dini.
Foto:
Menabung

3. Meminimalisir langganan dan angsuran

Berlangganan dan angsuran bagian dari tanggungan bulanan yang rutin harus dilakukan. Perkecil jumlah langganan yang tidak terlalu perlu seperti gym, kabel televisi dan sebagainya. Termasuk angsuran seperti kendaraan yang berlebihan dan jika perlu jangan membeli dengan sistem kredit.

4. Membuat rekening khusus tabungan

Buat rekening khusus tabungan sehingga Anda mempunyai 2 rekening. Setiap pemasukan gaji bulanan cair, buatlah otomatis agar gaji masuk 10 persen atau lebih ke rekening tabungan. Dengan hal ini Anda tidak merasa berat menyisihkan uang untuk menabung.

5. Gunakan uang bonus secara bijak

Tentu bagi Anda pegawai akan mendapatkan yang namanya lembur, uang intensif atau uang tambahan bekerja. Gunakan uang tersebut untuk kebutuhan yang selama ini diperlukan, seperti alat elektronik kebutuhan. Jangan tergoda untuk menghambur-hamburkan uang. Jika tidak ada keperluan, maka lebih baik masukan uang tersebut kedalam rekening tabungan tadi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement